Iklan RBTV Dalam Berita

4 Orang Pertama yang Memeluk Islam, Begini Kisah Dakwah Nabi Muhammad dari Makkah hingga Madinah

4 Orang Pertama yang Memeluk Islam, Begini Kisah Dakwah Nabi Muhammad dari Makkah hingga Madinah

--

3. Membangun Masjid sebagai Pusat Kegiatan Dakwah

Rasulullah SAW membangun dua masjid yang dijadikan sebagai pusat kegiatan dakwah di Madinah, yaitu Masjid Quba' yang dibangun saat kedatangan pertamanya dan Masjid Nabawi yang kemudian dijadikan untuk mendidik para sahabatnya dan mengatur pemerintahan.

4. Melakukan Perjanjian dengan Kaum Yahudi Madinah

Selama dakwah di Madinah, Rasulullah SAW melakukan perjanjian untuk memperkokoh posisi kaum muslimin dari gangguan penduduk asli, bangsa Arab, maupun Yahudi. Hal ini juga dilakukan tak lain untuk menjaga stabilitas di Madinah.

Dakwah Nabi Muhammad SAW pada periode Madinah berlangsung selama sepuluh tahun penuh. Tujuan dakwah di Madinah seperti yang terdapat dalam buku Bahagia dengan Islam karya Nova Irwan, yaitu untuk menerapkan islam Kaffah dengan mengubah masyarakat Jahiliyah menjadi masyarakat islam dengan pemikiran islam, perasaan islam, dan aturan islam serta menerapkan islam kaffah dengan cara menjalankan sistem pemerintahan islam (khilafah).

BACA JUGA:3 Keutamaan Mengamalkan Surah At- Thalaq Ayat Seribu Dinar Sehabis Sholat Fardhu

Pasar Madinah yang menjadi salah satu cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah ini kemudian menjadi jantung perekonomian negara Islam yang pertama.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: