Iklan dempo dalam berita

15 Aplikasi Pinjol Resmi OJK, Calon Nasabah Punya Catatan BI Checking Tetap Bisa Cair

15 Aplikasi Pinjol Resmi OJK, Calon Nasabah Punya Catatan BI Checking Tetap Bisa Cair

15 Aplikasi Pinjol Resmi OJK, Calon Nasabah Punya Catatan BI Checking Tetap Bisa Cair--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - BI Checking adalah sebuah proses pemeriksaan data kredit debitur yang dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan resmi sebelum memberikan pinjaman. 

Tujuan dari BI Checking adalah untuk mengetahui riwayat kredit debitur, seperti jumlah pinjaman, jenis pinjaman, jatuh tempo, cicilan, bunga, denda, dan status pembayaran.

BACA JUGA:Jangan Sampai jadi Korban, Begini Ciri Pinjol Ilegal, Bisa Bikin Dompet Melempem

Dengan BI Checking, bank atau lembaga keuangan resmi bisa menilai kemampuan bayar dan kredibilitas debitur. Apa yang membuat pinjaman online ditolak? BI Checking biasanya mempengaruhi persetujuan atau penolakan pinjaman.

Jika debitur memiliki skor kredit yang tinggi dan tidak pernah gagal bayar, maka kemungkinan besar pinjaman akan disetujui. Sebaliknya, jika debitur memiliki skor kredit yang rendah atau pernah gagal bayar, maka kemungkinan besar pinjaman akan ditolak.

BACA JUGA:Cari Pinjaman Rp15 Juta Cepat Cair dengan Cicilan Terjangkau? Ini 5 Rekomendasi Pinjol Resmi OJK

BI Checking sekarang disebut SLIK OJK, yaitu Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan. SLIK OJK adalah sistem informasi kredit yang diintegrasikan dengan OJK sebagai pengawas sektor jasa keuangan di Indonesia.

SLIK OJK memiliki fungsi dan tujuan yang sama dengan BI Checking, yaitu untuk memberikan informasi kredit debitur kepada bank atau lembaga keuangan resmi.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Pinjol Resmi OJK Bunga Rendah Cepat Cair, Ada Limit Rp 20 Juta

Masyarakat yang pernah terlibat kredit macet atau memiliki riwayat kredit yang buruk mencoba opsi pinjaman online tanpa BI checking atau OJK. Namun, cara ini sangat berisiko. Kamu bisa terjebak pinjaman online ilegal.

Pinjol BI checking justru diperlukan karena itu menunjukkan bahwa layanan pinjaman online tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan demikian, data pribadi kamu akan tetap aman dan kamu dapat terhindar dari bunga tidak masuk akal.

BACA JUGA:Mau Pinjam Pinjol tapi Takut Rugi, Tenang Ini 6 Rekomendasi Aplikasi Pinjol Bunga Rendah

Penggunaan pinjol tanpa pemeriksaan BI dan DC (Debt Collector) sangat tidak disarankan. Sebagai alternatif, kamu sebaiknya memilih layanan pinjaman resmi. Lihat daftar lengkapnya di sini!

Berikut Daftar Pinjaman Online 24 jam Langsung Cair tanpa BI Checking

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: