Iklan dempo dalam berita

Pernikahan di Peti Mati, 10 Tradisi Pernikahan di Berbagai Negara Ini Agak Mengerikan

Pernikahan di Peti Mati, 10 Tradisi Pernikahan di Berbagai Negara Ini Agak Mengerikan

Pernikahan di Peti Mati, 10 Tradisi Pernikahan di Berbagai Negara Ini Agak Mengerikan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tradisi perkawinan di Indonesia merupakan suatu aturan-aturan mengenai perkawinan berdasarkan adat-istiadat yang ada di Indonesia. Berdasarkan hukum nasional menjelaskan bahwa "Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa".

Namun di Indonesia prosesi pernikahan ini memiliki kebiasaan masing-masing pada tiap daerahnya.

BACA JUGA:9 Tradisi Pernikahan Unik di Berbagai Negara, Ada yang Wajib Membawa Gigi Ikan Paus ke Ayah Mertua

Namun jika kamu merasa tradisi pernikahan di Tanah Air itu ribet, sepertinya kamu perlu melihat yang satu ini. 

Berikut ini adalah budaya menikah yang terbilang unik dan agak mengerikan di penjuru dunia.

1. Pernikahan di peti mati

Mungkin kamu menganggap ini tidak masuk akal, mengingat menikah dan peti mati adalah dua hal yang sangat berlawanan. Tapi, ritual ini memang pernah dirayakan. Pada hari Valentine 2015, sepuluh pasang pengantin melakukan upacara ini di Wat Ta Kien, Thailand. Masyarakat di sana percaya, berbaring di peti mati dan didoakan di peti mati saat menikah mampu menghilangkan nasib sial. 

BACA JUGA:Menculik Mempelai Wanita, Yuk Intip 6 Tradisi Pernikahan Unik di Indonesia

2. Memanah pengantin perempuan

Hal ini dilakukan di Yugur. Sang pengantin laki-laki akan memanah pengantin perempuannya dengan anak panah yang tidak berkepala, lalu akan mematahkan anak panah itu sebagai lambang cinta selamanya.

3. Pernikahan yang melarang tersenyum

Bagi masyarakat Kongo, tersenyum adalah sesuatu yang tabu dilakukan ketika melaksanakan upacara pernikahan. Tersenyum atau tertawa dianggap jika pasangan tersebut tidak serius menjalankan upacara pernikahan. Oleh karena itu, pasangan pengantin selalu memasang ekspresi datar, dan baru ketika bulan madu mereka bergembira. 

BACA JUGA:Sejarah dan Ragam Tradisi Memperingati Hari Maulid Nabi, Pertama Kali di Zaman Khalifah Mu’iz li Tahun 341 H

4. Pernikahan sponsor

Pernikahan ini diadakan di Filipina. Dalam tradisi ini, sang pengantin tidak perlu membiayai upacara, ritual, ataupun perayaannya dan semua ini dibiayai oleh pemerintah. Persyaratannya cukup mudah, yakni sang pengantin harus mencari venue sendiri, telah mendaftarkan diri, dan dilaksanakan pada hari Valentine. 

5. Pernikahan Hantu

Mungkin kamu pernah mendengar tradisi pernikahan yang satu ini. Pernikahan hantu ini merupakan tradisi dari Tiongkok yang sudah berlangsung ribuan tahun. Praktik ini menikahkan dua orang yang meninggal dengan kondisi lajang. Dilangsungkan di kuburan, pernikahan ini tidaklah mudah karena meminta rumah besar hingga perhiasan mahal.

BACA JUGA:5 Tradisi Pernikahan Orang Tionghoa, Nomor 2 Penting Bagi yang Masih Jomblo

6. Menangis Berjam-jam

Orang-orang Tujia di Tiongkok memiliki tradisi sang pengantin perempuan harus menangis selama satu jam setiap hari selama satu bulan penuh sebelum dia menikah. Nanti 10 hari menjelang pernikahan, sang ibu dari mempelai perempuan akan turut menangis, diikuti sang nenek. Menangis di sini bukan berarti karena sedih, tapi justru dianggap sebagai ekspresi kebahagiaan. 

7. Pernikahan simbol

Kamu pasti paham jika upacara pernikahan terdapat banyak simbol. Tapi, banyaknya simbol itu akan membuatmu tak habis pikir jika menuju Afrika. Dalam sekali pernikahan, bisa ada 12 simbol yang muncul. Mulai dari merica, air, sendok, sapu, bahkan hingga kitab.

BACA JUGA:Arak-arakan 70 Nasi Jambar Kuning, Tradisi Masyarakat Peringati Maulid Nabi SAW

8. Menculik sang pengantin

Budaya ini dilakukan di beberapa area sekaligus, mulai dari Asia sampai Afrika. Konsepnya adalah dengan menculik sang pengantin perempuan untuk memastikan dia tidak direbut laki-laki lain. Budaya ini cukup kontroversial mengingat beberapa beranggapan ini sangat patriarki dan tidak menghargai si perempuan. 

BACA JUGA:Kawin Tangkap Bikin Heboh, Cewek Ditangkap Lalu Mau Dikawini, Katanya Itu Tradisi Benarkah?

9. Pernikahan layaknya ospek

Bagi warga Skotlandia, bukan hal yang aneh jika kerabat merayakan pernikahan dengan cara mengikat calon pengantin secara tiba-tiba ke pohon dan menaburkannya dengan sampah. Ada kepercayaan mengatakan jika sang calon pengantin tahan akan hal itu, maka dia akan tahan dengan berbagai masalah saat berkeluarga nanti. 10. Minum dari toilet

Pengantin baru di Prancis sepertinya tidaklah seberuntung di negara lain. Di sana terdapat budaya di mana sang pengantin dipaksa minum minuman sisa di toilet. Sekarang memang sudah diganti menjadi cokelat dan champagne, tapi tetap saja minumnya harus dari toilet.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: