Iklan dempo dalam berita

Walaupun Sayang, Anak Jangan Terlalu Dimanja, Begini Akibatnya jika Terlalu Manja

Walaupun Sayang, Anak Jangan Terlalu Dimanja, Begini Akibatnya jika Terlalu Manja

Dampak jika terlalu memanjakan anak--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sering terjadi perdebatan mengenai pola asuh orang tua terhadap anak. Sebagian setuju dengan pola asuh orang tua yang memanjakan anak, tetapi sebagian lainnya tidak.

Bagi yang tidak setuju akan menganggap bahwa memanjakan anak dapat  mencegah anak memiliki kemandirian serta rasa tanggung jawab. Rasa sayang orang tua yang terlalu besar sering kali membuat mereka tidak menyadari bahwa telah memanjakan anak dengan berlebihan.

BACA JUGA:Ini 8 Jenis Ras Kucing Termahal di Dunia, Nomor 2 Harganya Mencapai Rp 1,8 Miliar

Pola asuh anak dengan cara terlalu memanjakannya dapat membuat anak sering kali memaksa untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bahkan tidak jarang anak akan mengamuk, cemberut, melakukan penolakan dalam berbagai hal, dan tindakan negatif lainnya.

Tidak sedikit orang tua yang rela melakukan apa pun demi kebahagiaan anak. Meski begitu, orang tua perlu hati-hati, karena hal tersebut terkadang dapat membuat anak menjadi manja, dan ini tentunya tidak baik bagi perkembangan kepribadiannya.

Seorang anak yang manja biasanya ingin selalu diperhatikan dan selalu merasa ingin dinomorsatukan oleh kedua orang tuanya. Segala hal yang dia inginkan juga harus segera dituruti. Bila keinginannya tidak terkabul, anak manja tidak akan segan untuk mengamuk, marah, dan menangis di mana pun berada. Dengan begitu tentunya para orangtua akan menyerah dan mengabulkan hal-hal yang menjadi keinginan anak.

BACA JUGA:Kesempatan Emas Akhir Tahun, PT Virama Karya Buka Lowongan Kerja, Intip Kualifikasinya

Dampak terlalu sering memanjakan anak juga terjadi di kemudian hari, bahkan saat anak memasuki usia dewasa. Berikut ini beberapa dampak tersebut:

1. Memiliki Interaksi Sosial yang Buruk

Dampak dari berlebihan memanjakan anak, anak memiliki interaksi sosial yang buruk. Hal tersebut terjadi akibat orangtua terlalu membiasakan anak mendapatkan sesuatu dengan cara yang mudah, sehingga sulit bagi anak untuk bersyukur dan berterimakasih pada orang lain.

2. Ketergantungan pada Orangtua

Anak terlalu bergantung pada orangtua, merupakan hasil dari kesalahan pola asuh dari orang tua itu sendiri, inilah yang menjadikan anak sosok yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja anak yang terlalu dimanja akan menyamaratakan konsep kebahagiaan atas kebahagiaan orang lain. Sehingga anak tidak memiliki kedewasaan emosional.

BACA JUGA:Masih Cari Kerja? PT Djarum Sedang Buka Lowongan Kerja Besar-besaran

3. Menjadi Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: