Iklan dempo dalam berita

Walaupun Sayang, Anak Jangan Terlalu Dimanja, Begini Akibatnya jika Terlalu Manja

Walaupun Sayang, Anak Jangan Terlalu Dimanja, Begini Akibatnya jika Terlalu Manja

Dampak jika terlalu memanjakan anak--

Memanjakan anak sekali-kali memang boleh. Biasanya dalam wujud bentuk peduli orangtua terhadap anak. Namun, semua tetap harus dibatasi, tidak pernah menolak keinginannya dan selalu memberikan apa yang diinginkan anak itu salah. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kurang disiplin dan bertanggung jawab. 

4. Mudah Menyerah saat Menemui Kesulitan atau Kegagalan

Dampak terlalu memanjakan anak selanjutnya adalah membuatnya mudah menyerah saat dihadapkan dengan kesulitan dan kegagalan. Terlalu memanjakan anak membuat ia tidak pernah gigih untuk mendapatkan sesuatu, karena apa pun yang dimau, selalu dengan mudah didapatkannya.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru, PT Sayap Mas Utama Buka Lowongan 5 Posisi dengan Gaji Menggiurkan

Bisa dibilang anak yang terlalu dimanja akan lebih mudah kecewa terhadap diri sendiri, dan cenderung merasa tidak memiliki kemampuan menghadapi masalahnya. 

5. Mementingkan Diri Sendiri

Memanjakan anak juga berarti mendidiknya untuk lebih mementingkan diri sendiri dari pada orang lain. Karena anak selalu ingin diperhatikan, disayangi, dan keinginannya harus dipenuhi tanpa memandang kepentingan orang lain

6. Menjadi Pribadi Pemberontak dan Tidak Santun

Terlalu memanjakan anak cenderung dilakukan dengan melindungi, dan tidak menegur saat anak melakukan kesalahan. Hal tersebut lumrah dilakukan dengan alasan “namanya juga anak-anak”.

Padahal, melindungi kesalahan mungkin saja bisa membuat mereka menjadi pemberontak dan tidak santun. 

7. Anak Terlibat Kenakalan Remaja

Salah satu faktor penyebab kenakalan masa remaja adalah memanjakan anak secara berlebih, orang tua hanya memenuhi kebutuhan fisik anak tanpa memperhatikan kebutuhan moral.

BACA JUGA:Sering Diadopsi, Berikut 7 Ras Kucing Paling Popular di Indonesia, Tidak hanya Kucing Persia

Jika di dalam rumah anak sering berbuat sesuai keinginannya, maka di luar rumah pun juga demikian, anak akan melakukan hal yang menurutnya menyenangkan. Sering pulang malam-malam, pergaulan bebas, mabuk-mabukan, narkoba, dan lainnya adalah contoh kenakalan masa remaja akibat kurangnya pendidikan moral dari orang tua.

8. Kurang Inisiatif dan Kurang Kreatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: