Iklan dempo dalam berita

Tidak hanya Membuat Masakan Tambah Sedap, Begini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Tidak hanya Membuat Masakan Tambah Sedap, Begini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Manfaat lengkuas untuk kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Lengkuas merupakan tanaman akar yang sering dimanfaatkan untuk penambah rasa pada masakan. Namun banyak orang tidak mengetahui manfaat lain dari lengkuas. Lengkuas juga memiliki potensi kesehatan dan kegunaan lain yang patut diperhatikan.

Lengkuas merupakan tanaman obat yang bersifat bakterisidal dan fungsidal yang memiliki kandungan 1% minyak atsiri berwarna kuning kehijauan yang terutama terdiri dari metil-sinamat 48 %, sineol 20%-30%, eugenol, kamfer 1 %, seskuiterpen, ä -pinen, galangin, serta sesquiterpene, camphor, galangol, cadinene, dan hydrat.

Lengkuas juga disebut sebagai laos dalam bahasa Jawa dan laja dalam bahasa Sunda. 

BACA JUGA:Perusahaan Gas Industri Terkemuka Buka Kesempatan Kerja Tanpa Batasan Usia, Cek Posisi yang Dibutuhkan

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat lain dari lengkuas, kamu perlu simak ini: 

1. Kesehatan Pencernaan

Lengkuas mengandung senyawa aktif yang dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Dengan sifat antiinflamasi dan antiseptiknya, lengkuas dapat meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan mual.

2. Penyembuhan Luka

Ekstrak lengkuas telah digunakan secara tradisional untuk membantu penyembuhan luka, manfaat lengkuas salah satunya membantu mengobati luka bakar ringan. Rempah ini mengandung senyawa bernama galangin yang melindungi kelenjar minyak yang mempercepat penyembuhan luka. 

Selain itu, senyawa ini juga menghambat peradangan dan meningkatkan kolagen sehingga luka pulih lebih cepat. Kandungan antioksidan dan sifat antimikroba membantu melindungi kulit dari infeksi dan merangsang regenerasi sel-sel kulit.

BACA JUGA:Begini Cara Merawat Tas Berbahan Kanvas yang Benar, Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari

3. Pengendalian Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lengkuas dapat membantu mengatur kadar gula darah. Komponen aktifnya dapat memengaruhi metabolisme gula dalam tubuh, memberikan potensi sebagai dukungan tambahan untuk penderita diabetes.

4. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: