Iklan dempo dalam berita

Tidak hanya Membuat Masakan Tambah Sedap, Begini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Tidak hanya Membuat Masakan Tambah Sedap, Begini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Manfaat lengkuas untuk kesehatan--

Senyawa dalam lengkuas diketahui memiliki efek positif pada kesehatan otak. Mereka dapat membantu melindungi sel-sel saraf dan meningkatkan fungsi kognitif.

11. Penyokong Sistem Respirasi

Lengkuas dapat membantu meredakan masalah pernapasan, seperti batuk dan pilek. Sifat antiseptik dan ekspektoran lengkuas dapat membantu membersihkan saluran pernapasan.

BACA JUGA:Gali Keajaiban dan Nilai Sejarah Koin Kuno Tertua di Dunia

12. Peningkat Kekebalan Tubuh pada Musim Dingin

Konsumsi lengkuas dapat menjadi tambahan yang baik pada musim dingin. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan penyakit musiman.

13. Penangkal Radikal Bebas

Antioksidan dalam lengkuas berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit degeneratif.

14. Pemeliharaan Kesehatan Mata

Beberapa nutrisi dalam lengkuas, seperti beta-karoten, dapat mendukung kesehatan mata. Mereka berperan penting dalam melindungi mata dari kerusakan radikal bebas dan menjaga kualitas penglihatan.

Jika kamu kebingungan untuk membedakan lengkuas dengan tanaman rimpang lainnya, kamu dapat mengetahuinya melalui ciri-ciri berikut, lengkuas merupakan rimpang yang besar dan tebal, berdaging, berbentuk silindris, diameter sekitar 2-4 cm, dan bercabang-cabang. 

BACA JUGA:Android Nokia 4.2 Dijual Rp 2 Jutaan, Seperti Ini Perbandingannya dengan Galaxy A20

Bagian luar berwarna coklat agak kemerahan atau kuning kehijauan pucat, mempunyai sisik-sisik berwarna putih atau kemerahan, keras mengkilap, sedangkan bagian dalamnya berwarna putih.

Nah, dengan memasukkan lengkuas dalam masakan kita sehari-hari, kita tidak hanya memberikan cita rasa khas pada makanan akan tetapi juga memperoleh berbagai manfaat kesehatan yang beragam.

Dengan menyadari manfaat lengkuas di luar peran utamanya sebagai bumbu dapur, kita dapat lebih mengapresiasi keberagaman tanaman ini dan mengintegrasikannya dalam gaya hidup sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: