Iklan dempo dalam berita

Bagaimana Bangsa Spartan Bertransaksi? Ini Uang Koin yang Digunakan Bangsa Yunani Kuno Bertransaksi

Bagaimana Bangsa Spartan Bertransaksi? Ini Uang Koin yang Digunakan Bangsa Yunani Kuno Bertransaksi

Koin bangsa spartan--

3. Efesus 

Efesus merupakan sebuah koloni dari Attic-ionia di pesisir Asia kecil dan bagian dari dua belas kota di liga Ionia. Kota ini terkenal dengan kuil artemisnya yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno. 

Karena posisinya, efesus berkaitan langsung dengan peradaban timur yang pertama kali mengeluarkan uang logam. Pada akhirnya, kota ini pun mulai memproduksi koin mereka sendiri yang terbuat dari elektrum pada periode kuno. 

BACA JUGA:Nokia C12 Harga Rp 1 Jutaan, Begini Perbandingannya dengan Nokia C1

Koin efesus ini secara konsisten menggambarkan seekor lebah. Lebah ini merupakan salah satu simbol artemis, dewi yang berhubungan dengan alam dan perburuan. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pendeta tinggi kuil artemis disebut raja lebah sedangkan pendeta wanita disebut lebah madu. Koin ini memiliki posisi yang istimewa dalam lelang saat ini.

4. Koin Athena  

Mata uang athena mengikuti standar attic. Karena posisi athena sebagai kekuatan angkatan laut sangat terkenal, hal ini memungkinkannya mendominasi perdagangan di laut aegea. 

Selain itu, tambang laurion, yang terletak di dekat kota, memberikan sumber perak dalam jumlah yang besar. Ini membuat kota tersebut dapat mencetak koin berkualitas tinggi yang akhirnya menjadi standar perdagangan pada periode klasik. 

Koin athena ini menggambarkan burung hantu di satu sisi. Karena gambar ini, koin ini dijuluki “burung hantu”. Dewa pelindung athena adalah dewi athena . Parthenon adalah kuilnya dan burung hantu adalah simbol sucinya. 

BACA JUGA:Tidak hanya Membuat Masakan Tambah Sedap, Begini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Saat ini koin athena adalah koin yunani kuno yang paling populer. Koin ini masih menjadi yang terbaik dan yang paling langka.

5. Koin aegina

Koin perak yunani kuno pertama berasal dari kota aegina. Standar aeginitan didasarkan pada didrachm atau stater perak. Koin aegina juga menjadi koin pertama yang digunakan sebagai mata uang perdagangan internasional pada zaman tersebut. Desainnya pada satu sisi merupakan ukiran bentuk penyu laut dan di satu sisi terdapat pola persegi berlubang.

Aegina merupakan sebuah pulau dekat athena di aegea barat. Kota aegina merupakan koloni dari dorian di kota epidaurus. Selama invasi persia ke bangsa yunani, aegina tunduk pada persia awalnya. Namun, mereka kembali bertempur dalam pertempuran laut salamis (480 sm) bersama pasukan athena.

Itulah beberapa uang koin yang digunakan oleh bangsa yunani kuno. Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi sejarah uang koin yunani kuno dan beberapa contoh koin yang digunakan oleh bangsa tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: