Iklan dempo dalam berita

Selain Dajjal dan Yajuj Majuj, Dua Penyakit Ini akan Mewabah Sebagai Tanda Kiamat

Selain Dajjal dan Yajuj Majuj, Dua Penyakit Ini akan Mewabah Sebagai Tanda Kiamat

Dua penyakit tanda kiamat semakin dekat--

BACA JUGA:4 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Mencerahkan Wajah, Aman Bagi Kulit Sensitif

Mempercayai hari kiamat merupakan bagian integral dari rukun iman. Sebagai seorang Muslim, keyakinan akan datangnya hari akhir (kiamat) merupakan salah satu dari lima rukun iman yang harus diyakini. 

Contoh kiamat kubra mengacu pada kiamat besar, sedangkan kiamat sugra merujuk pada kiamat kecil. Al-Qur'an dalam surat Al-A'raf ayat 187 menyatakan bahwa kiamat pasti akan terjadi di muka bumi. Namun, hanya Allah yang mengetahui waktu pasti terjadinya kiamat.

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ 

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (QS. Al-A’raf ayat 187).

BACA JUGA:Paylater Bank Mandiri Siap Rilis Desember 2023, Cukup Penuhi Syarat Berikut Diberi Limit hingga Rp 20 Juta

Contoh kiamat kubra hanya akan terjadi sekali yang juga dikenal dengan istilah hari akhir. 

Berikut adalah beberapa fase kehidupan setelah kiamat 

1. Yaumul Qiyamah

Yaumul Qiyamah atau hari kehancuran adalah hari ketika alam semesta beserta isinya dihancurkan dengan izin Allah SWT. Pada hari tersebut, semua makhluk hidup akan mengalami kematian dan akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan-perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia.

2. Yaumul Ba'ats 

Yaumul Ba'ats berarti hari kebangkitan, di mana manusia dibangkitkan dari alam kubur. Pada saat itu, Allah SWT memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala yang kedua. Seluruh manusia yang telah meninggal dunia akan dibangkitkan kembali untuk menerima balasan atas perbuatan-perbuatan yang dilakukan selama hidupnya.

BACA JUGA:Masih Bingung Mau Kuliah di Mana? Ini Rekomendasi Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR

3. Yaumul Mahsyar

Yaumul Mahsyar adalah hari perkumpulan, di mana manusia dikumpulkan di tempat yang luas. Pada saat itu, matahari berada tepat di atas kepala dan jarak antara manusia hanya sejengkal saja. Tidak ada yang dapat memberikan pertolongan kecuali amal baik yang telah dilakukan selama hidup di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: