Iklan dempo dalam berita

Ini Alasan Ibu Hamil Butuh Asam Folat dan Cara Mendapatkannya

Ini Alasan Ibu Hamil Butuh Asam Folat dan Cara Mendapatkannya

Kebutuhan asam folat sangat dibutuhkan seorang ibu hamil--

BACA JUGA:Di Klaim Sebagai Motor Masa Depan, Yamaha Hadirkan Varian Motor Listrik Yamaha NEO'S di IIMS 2023

4. Mencegah Cacat Tabung Saraf pada Janin

Kekurangan asam folat pada ibu hamil berisiko menyebabkan gangguan kesehatan pada janin, salah satunya adalah cacat tabung saraf, seperti spina bifida dan anensefali.

Spina bifida merupakan kondisi yang ditandai dengan kelainan pada saraf tulang belakang. Spina bifida dapat meningkatkan risiko berbagai macam komplikasi pada bayi, seperti gangguan motorik, infeksi otak, hingga cacat permanen.

Sementara itu, anensefali adalah kelainan yang terjadi ketika bayi lahir tanpa sebagian otak dan tulang tengkorak. Kondisi dapat berakibat fatal karena berisiko menyebabkan kematian pada bayi setelah dilahirkan.

BACA JUGA:Jauhi Tanda Kiamat Sugra, Salah satunya Transaksi Seperti Ini dan Lazim Terjadi di Masyarakat

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Bawaan pada Janin

Selain cacat tabung saraf, kekurangan asam folat pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada janin. Karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam folat hariannya sebaik mungkin sebagai upaya mencegah berbagai kelainan bawaan pada janin.

6. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Manfaat konsumsi asam folat saat hamil berikutnya adalah dapat menurunkan risikomencegah keguguran, yaitu kondisi ketika janin mati di dalam kandungan. Selain itu, konsumsi asam folat yang cukup juga dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan lainnya, seperti gangguan perkembangan janin dan kelahiran prematur.

BACA JUGA:6 Rekomendasi HP VIVO yang Punya Fitur Kamera Terbaik, Cocok Buat Kamu yang Hobi Fotograpi

Cara Memenuhi Kebutuhan Asam Folat 

Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil cenderung beragam sesuai dengan kondisi tubuh dan usia kehamilan. Namun, asupan asam folat yang umumnya dianjurkan bagi ibu hamil adalah sebesar 600 mikrogram per hari. 

Jika pernah melahirkan bayi dengan kondisi cacat tabung saraf, ibu hamil perlu mengonsumsi asam folat dengan dosis yang lebih tinggi, yaitu 4.000 mikrogram setiap hari.

Untuk memenuhinya, ibu hamil dapat menyediakan makanan yang mengandung asam folat tinggi dalam menu sehari-hari. Adapun sejumlah rekomendasi makanan tinggi asam folat untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, dan seledri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: