Iklan dempo dalam berita

Suka Makan Sawo? Berikut Tips Cara Pemeraman untuk Mematangkan Sawo Dengan Sempurna Dan Cepat

Suka Makan Sawo? Berikut Tips Cara Pemeraman untuk Mematangkan Sawo Dengan Sempurna Dan Cepat

Suka Makan Sawo? Berikut Tips Cara Pemeraman untuk Mematangkan Sawo Dengan Sempurna Dan Cepat--Foto istimewa

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Manilkara zapota atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah sawo merupakan buah tropis. Sawo merupakan pohon berbuah yang memiliki umur yang panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sawo (Indonesia) sauh atau sauh manila, atau ciku (malaysia).  

Sawo merupakan salah satu buah yang populer di Asia Tenggara, terutama di negara seperti Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Buah sawo memiliki cita rasa yang sangat manis dengan aroma khas yang wangi. Buah ini juga kaya akan kandungan gizi yang sangat tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang sangat tepat dengan rasa yang sangat lezat dan sehat untuk dinikmati. 

BACA JUGA:Dikasih Pisang Belum Masak, Gunakan 6 Tips Pemeraman Ini Supaya Pisang Cepat Menguning

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah sawo juga bisa diolah sebagai campuran aneka camilan sehat untuk keluarga anda. Dibalik rasanya yang lezat buah ini, sawo ternyata memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan and ajika di konsumsi. Dilansir dari healthline.com, sawo mengandung protein, vitamin A, C, folat, serta nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Kandungan ini dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, mengendalikan berat badan anda, serta dapat menjaga daya tahan tubuh.

Namun, buah sawo kadang-kadang bisa terasa keras dan terasa sepat sedikit bergetah saat belum matang sepenuhnya. Jika Anda ingin mempercepat proses pematangan buah sawo, anda tidak perluh khawatir karena ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk mempercepat porses pematangan sawo ini. lalu langka apa saja yang dapat anda coba untuk mempercepat sawo matang dengan sempurna?

BACA JUGA:Supaya Alpukat Cepat Matang, Coba 8 Tips Pemeraman Ini untuk Mematangkan Alpukat Dengan Sempurna Dirumah

Dalam artikel ini, kita akan memberikan tips cara mempercepat proses pematangan sawo yang dapat Anda ikuti dengan mudah dirumah.

1. Pilihlah buah sawo yang sudah benar benar tua

Ketika membeli buah sawo di pasar atau toko, sebaiknya pilihlah yang sudah tua. Buah sawo yang sudah tua akan lebih mudah untuk dipercepat proses pematangannya. Perhatikan ukuran dan warna kulitnya, pilihlah buah yang memiliki ukurang sedang dengan warna kulit yang sudah mulai cokelat atau kehitaman.

2. Cuci dan Keringkan Sawo

Untuk mempercepat sawo matang, anda perlu mencuci sawo terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, anda perlu mempersiapkan air dan wadah untuk meniriskan sawo. Cuci satu persatu buah sawo dengan merendamnya ke dalam baskom yang berisi air sambil digosok secara berlahan menggunakan sabut kepala. Ingat, anda tidak perlu menggosoknya terlalu kuat karena dapat menyebabkan sawo menjadi rusak.

BACA JUGA:Ga Sabar Nungguin Mangganya Masak, Ini 6 Cara Mudah Pemeraman Buah Mangga Matang Lebih Cepat

3. Paparkan Buah Sawo Pada Suhu Ruangan

Suhu ruangan berperan penting dalam proses pematangan buah sawo. Tempatkan buah sawo di dapur atau ruangan yang memiliki suhu sekitar 20-25 derajat Celsius. Suhu ini akan membantu mempercepat proses pematangan buah sawo menjadi lebih lembut dan manis. Jangan menyimpan buah sawo di dalam kulkas, karena suhu rendah dapat mencegah pematangan. Buah sawo yang sudah dicuci dapat anda pindahkan ke dalam wadah yang lebih lebar. Tak perlu menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, kamu cukup menjemurnya di suhu ruang atau dianginkan di tempat teduh, hingga sawo benar-benar kering. Jangan lupa untuk terus dibolak-balik agar sawo kering dengan merata dan sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: