Iklan dempo dalam berita

Jangan Boros! Begini 10 Cara Menghemat Pemakaian Air di Rumah, Dijamin Listrik yang Bengkak

Jangan Boros! Begini 10 Cara Menghemat Pemakaian Air di Rumah, Dijamin Listrik yang Bengkak

Cara pemakaian air di rumah agar hemat listrik--

Jika tanaman sudah terkena air hujan, maka kamu juga tak perlu lagi menyiramnya. Inilah cara penghematan air dengan teknik pengurangan siraman yang bisa dilakukan.

- Mematikan Keran

Salah satu hal yang seringkali membuat sumber daya air ini banyak terbuang sia-sia adalah lupa mematikan keran air. Saat keran air terbuka dan mengelaurkan air, maka memang akan terjadi pemborosan air yang sia-sia. 

BACA JUGA:Ini Jadwal Libur Sekolah dan Cuti Bersama 2023/2024 di Seluruh Wilayah, Lengkap dengan Kalender Pendidikan

Air yang mengisi tempat penampungan yang sudah penuh, akan membuat air bersih terbuang sia-sia. Dari sini, target penghematan air yang pun tak terwujud dan malah membuat kamu harus terkena tagihan perusahaan air atau listrik yang besar.

- Memperbaiki Kebocoran

Saluran air di rumah mungkin saja terhubung dengan pipa pipa penyaluran. Nah, pada saluran-saluran pipa ini bisa saja terjadi kebocoran yang tidak disangka-sangka. Maka, untuk melakukan penghematan air, kamu perlu melakukan pengecekan pada saluran-saluran air tersebut. 

Jika menemukan kebocoran pada saluran pipa air tersebut, kamu harus segera bergegas untuk memperbaikinya. Dengan segera memperbaiki kebocoran saluran pipa air ini maka penghematan bisa diwujudkan dengan baik.

- Memperhatikan Waktu Mandi

Mandi memang merupakan momen yang menyenangkan bagi sebagian orang. Maka, saat waktu mandi tiba tak sedikit orang yang menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi. Namun, tahukah kamu bahwa dengan terlalu lama berada di kamar mandi kamu akan menghabiskan banyak air.

BACA JUGA:Untuk Calon Mahasiswa Baru, Berikut Cara Daftar Dan Mendapatkan KIP Kuliah 2024, Siapkan Dokumen Ini

Saat air yang dihabiskan terlampau banyak dan sering terjadi seperti ini, maka target penghematan pun akan buyar dan tak terealisasi. 

Bagi yang memang sangat sulit atau bahkan tidak bisa menghilangkan kebiasaan berlama-lama di kamar mandi, kamu bisa menerapkan solusi mandi dengan shower. Dengan shower, penggunaan air bisa dihemat semaksimal mungkin.

- Mengurangi Air Saat Menggosok Gigi

Menurut penelitian, ada sekitar enam liter air yang akan terbuang percuma dari keran air yang menyala saat seseorang melakukan aktivitas menggosok gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: