Iklan dempo dalam berita

5 Pupuk Alternatif dari Limbah Dapur, Ramah Lingkungan dan Tak Kalah Efektif

5 Pupuk Alternatif dari Limbah Dapur, Ramah Lingkungan dan Tak Kalah Efektif

5 Pupuk Alternatif dari Limbah Dapur, Ramah Lingkungan dan Tak Kalah Efektif --Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pupuk adalah bahan yang memiliki kandungan satu atau lebih unsur hara yang diberikan pada tanaman atau media tanam untuk mendukung proses pertumbuhannya agar bisa berkembang secara maksimal.

Secara alamiah, bumi dan atmosfer di atasnya adalah sumber hara yang tidak terbatas bagi kehidupan tanaman. Namun ketersediaannya tidak seirama dengan kebutuhan tanaman, sehingga diperlukan campur tangan manusia melalui biosphere management, di antaranya pengaturan komoditas, klon, masa tanam, lokasi, pemupukan, irigasi, dll, agar tujuan produksi tinggi dan efisien dapat tercapai.

BACA JUGA:PT Pupuk Indonesia Buka Lowongan Kerja 6 Posisi, Syarat Mudah Cukup Daftar Online

Fungsi pupuk adalah sebagai sumber unsur hara tambahan atau pengganti yang diperlukan tanaman untuk mendukung pertumbuhannya. Pupuk juga bisa dipergunakan untuk memperbaiki struktur tanah agar layak digunakan sebagai media tanam.

Dalam jangka panjang, pemupukan yang kurang memadai, akan direspon tanaman dalam bentuk perlambatan reaksi-reaksi fisiologis, yang sangat mungkin menimbulkan gejala: lambat tumbuh, lambat pulih, daun pucat dan kusam, batang kecil dan pendek, peka penyakit, dan produktivitas menurun.

BACA JUGA:Program Replanting Sawit,Pengadaan Pupuk Dan Bibit Wajib yang Bersertifikat

Pemupukan yang ideal merupakan fungsi dari beberapa faktor, yaitu : faktor tanah, faktor pupuk, faktor tanaman, dan faktor teknik aplikasi, artinya bahwa keberhasilan pemupukan akan dapat dicapai jika tindakannya dilaksanakan dengan memperhitungkan sifat-sifat tanah, iklim, sifat tanaman (komoditas, klon, umur, hara daun), sifat pupuk (jenis, jumlah dan komposisinya), dan cara aplikasi yang tepat.

5 Pupuk Alternatif dari Limbah Dapur

Jika kamu mencari alternatif pupuk yang lebih ramah lingkungan, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai yang ada rumahmu. Selain lebih aman untuk lingkungan, menggunakan pupuk dari limbah rumah tangga tentunya membuat kamu bisa menghemat pengeluaran.

BACA JUGA:Petani Sawit Perlu Tahu, Ini Rahasia Sawit Berbuah Lebat Tanpa Dipupuk

Ini dia bahan-bahan yang bisa kamu manfaatkan sebagai pupuk tanaman, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cangkang telur

Cangkang telur adalah salah satu limbah dapur yang biasanya hanya berakhir di tempat sampah. Padahal, cangkang telur mengandung banyak kalsium yang berguna membantu pertumbuhan sel di tanaman. 

Tanah yang kekurangan kalsium dapat menyebabkan pembusukan ujung bunga pada tomat dan masalah lainnya. Nah, menggunakan pupuk dari kulit telur ini akan membantu mengatasinya. Caranya, hancurkan saja kulit telur lalu kubur di dalam tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: