Iklan RBTV Dalam Berita

Cuci Batik Tidak Dianjurkan Menggunakan Deterjen, Selain Itu Jangan Diperas, Ini 10 Cara Mencuci Batik

Cuci Batik Tidak Dianjurkan Menggunakan Deterjen, Selain Itu Jangan Diperas, Ini 10 Cara Mencuci Batik

10 cara mencuci batik, salah satunya jangan menggunakan deterjen--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Batik merupakan kain khas Indonesia yang memiliki gambar. Proses pembuatannya juga secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Kain batik biasanya diolah lagi menjadi pakaian, bisa berupa atasan, gaun atau blazer. Pakaian batik juga biasanya digunakan untuk seragam kerja dan baju pesta.

Namun, Pakaian batik rentan mengalami luntur saat proses pencucian, sehingga membuat warnanya memudar. Dari itu, perlu merawat dan mencucinya dengan baik.

BACA JUGA:Desan Semi Klasik tapi Mesin Futuristik Yamaha PG-1, Selevel kah dengan Honda CT 125?

Meskipun terlihat praktis dan tidak ribet, ternyata mencuci batik dengan menggunakan mesin cuci dapat membuat batik menjadi cepat rusak dan pudar. Putaran pada mesin cuci yang keras dapat membuat kain cepat melar dan warna batik cepat pudar. Karena itu, mencuci batik dengan mesin cuci sebaiknya dihindari jika ingin pakaian batik jadi lebih awet dan tahan lama.

Meskipun terlihat agak ribet, mencuci batik lebih disarankan untuk menggunakan tangan. Cukup dengan merendam sebentar, tidak perlu mengucek dan memeras. Ketika dijemur pun cukup di bawah atap, sehingga tidak perlu khawatir hujan.

BACA JUGA:Bisa Dibuat di Rumah, 7 Pupuk Alternatif Terbaik Pengganti Pupuk Kimia

Berikut cara mencuci baju batik agar tidak luntur:

1. Memisahkan Batik dengan Pakaian Berbahan Lainnya

Sebelum memulai mencuci batik, ada hal yang perlu untuk perhatikan agar tidak terjadi hal yang berisiko yaitu, warnanya yang gampang memudar dan luntur. Biasanya mencuci pakaian tentunya terdapat berbagai jenis bahan dengan warna yang berbeda-beda.

Untuk itu hal yang perlu dilakukan adalah memisahkan batik dengan jenis pakaian yang berbeda. Ada baiknya lagi jika mencuci batik pada wadah yang berbeda agar meminimalkan terjadinya pemudaran warna atau bahkan luntur.

2. Hindari penggunaan deterjen.

Deterjen biasa memiliki kandungan bahan kimia yang keras. Bahan ini dapat merusak kain batik jika digunakan untuk mencuci, sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya saat mencuci.

BACA JUGA:Kata Zodiak Aries Selasa 12 Desember 2023, Walaupun Pekerja Keras namun Perhatikan Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: