Iklan RBTV Dalam Berita

Cuci Batik Tidak Dianjurkan Menggunakan Deterjen, Selain Itu Jangan Diperas, Ini 10 Cara Mencuci Batik

Cuci Batik Tidak Dianjurkan Menggunakan Deterjen, Selain Itu Jangan Diperas, Ini 10 Cara Mencuci Batik

10 cara mencuci batik, salah satunya jangan menggunakan deterjen--

Hindari untuk menjemur pakaian batik terpapar langsung dengan sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja di bawah bayangan. Sinar matahari yang langsung terkena kain akan membuat warna dan malam yang ada pada kain tersebut mudah luntur.

10. Gunakan kain pelindung ketika menyetrika. 

Pada saat menyetrika pakaian batik, cukup dengan suhu yang tidak terlalu panas. Dan jangan lupa untuk menggunakan kain atau kertas di atasnya agar setrika tidak langsung terkena batik dan membuat warnanya jadi memudar.

11. Gunakan merica. 

Sebagai alternatif penggunaan kapur barus saat penyimpanan, kamu bisa menggunakan sedikit merica yang dibungkus dengan kertas tisu lalu ditaruh dalam lemari tempat penyimpanan batik. Hal tersebut agar pakaian batik tidak terserang jamur.

BACA JUGA:Ketahui 10 Tanda Rumah Kamu Sedang Diincar Maling, Waspada Sebelum Terjadi!

Pakaian batik sama seperti pakaian yang berwarna putih. Sedikit sensitive, sebab batik lebih rentan luntur sehingga dapat membuat warnanya menjadi memudar.

Selain itu, sebagian orang mungkin berpikir tidak ada salahnya menyemprotkan parfum pada batik pada saat akan disimpan atau sebelum digunakan. Namun, kain batik berbeda dengan jenis kain lainnya yang bisa langsung terkena semprotan parfum. 

Untuk batik disarankan tidak melakukan hal demikian karena, bahan kimia yang terkandung di dalam parfum dapat membuat motif dan warnanya menjadi rusak (luntur).

Kebiasaan ini tentunya masih sulit untuk dihilangkan karena aroma wangi dari parfum sangat diperlukan. Hal ini dilakukan agar bisa memberikan kepercayaan diri saat mengenakan batik pada sebuah kegiatan atau acara. 

BACA JUGA:Yamaha NMAX 155 2024 Resmi Mengaspal di Thailand, Apa Saja 5 Fitur Canggih yang Disematkan?

Untuk mengatasi menyemprotkan parfum langsung pada batik. Kamu bisa menyemprotkannya pada badan atau pakaian dalam yang digunakan.

Demikian cara yang bisa digunakan untuk merawat pakaian batik agar bisa digunakan lebih lama serta awet, semoga bisa membantu para pencinta batik dalam merawat koleksi batik.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: