Iklan dempo dalam berita

Gak Selalu Sehat, Ini 7 Jenis Telur Tidak Layak Dimakan, Salah Satunya Cangkang Telur Retak

Gak Selalu Sehat, Ini 7 Jenis Telur Tidak Layak Dimakan, Salah Satunya Cangkang Telur Retak

7 jenis telur yang tidak layak dimakan--

- Telur dengan embrio mati

Telur hatchback adalah embrio yang belum matang sebagai ayam / bebek dalam 14 hingga 21 hari setelah inkubasi, karena suhu dan kelembaban atau mingkin infeksi bakteri dan parasit, menyebabkan berhentinya perkembangan embrio hingga mati di dalam kulit telur.

Menurut analisis lembaga kesehatan, telur jenis ini sering mengandung E. coli, bakteri tifoid, staphylococcus, proteus, salmonella, parasit, kuning telur parasit, zat beracun dan berbahaya seperti hidrogen sulfida dan amina. Sangat mudah untuk menyebabkan disentri, demam tifoid, hepatitis dan penyakit lainnya, terutama fungsi pencernaan anak-anak yang lemah.

Makan telur jenis ini dapat dengan mudah menyebabkan keracunan, alergi dan bahkan mengancam jiwa pemakannya.

- Telur sudah berjamur

Jika telur terkena hujan atau lembab, lapisan pelindung pada permukaan kulit telur akan hilang dan bakteri dapat menyerang telur dan menyebabkan munculnya jamur. 

BACA JUGA:Bank Muamalat Kembali Buka Kesempatan Kerja Desember 2023, Ini Syarat dan Kualitifikasi yang Dibutuhkan

Telur dengan bintik-bintik hitam pada kulitnya juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama anak-anak dan orang tua serta mereka yang memiliki fungsi pencernaan lemah.

- Telur malformasi

Dengan meningkatnya polutan di lingkungan alami, elemen jejak pada hewan dan tanaman akan terus menumpuk. Seringnya konsumsi hewan dan tumbuhan yang terkontaminasi akan memengaruhi kesehatan manusia secara keseluruhan.

Jika permukaan telur halus dan ada benjolan kecil yang menonjol, coba buka kulit telur dan Anda dapat melihat aglomerasi tumor protein di dalamnya. Hal ini disebabkan oleh zat beracun yang menyebabkan telur berubah bentuk.

Misalnya warna cangkangnya tidak rata, cangkangnya relatif kasar dan bentuk telurnya terlalu panjang atau terlalu bulat, bisa jadi itu telur dari ayam yang tidak sehat. Telur jenis ini juga tidak cocok untuk dijual dan dikonsumsi.

BACA JUGA:11 Posisi Lowongan Kerja di PT Virama Karya Penempatan Palembang dan Kalimantan, Kirim Lamaran Via Online

Nah jika sudah mengetahui jenis-jenis telur yang tidak baik dikonsumsi, maka kamu juga harus mengetahui ciri telur yang sehat untuk dimakan. 

Berikut ciri telur yang sehat untuk dimakan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: