Iklan dempo dalam berita

Pergantian Musim Rawan Sakit, Kerjakan Hal Berikut agar Tetap Fit, Asupan Vitamin juga Penting

Pergantian Musim Rawan Sakit, Kerjakan Hal Berikut agar Tetap Fit, Asupan Vitamin juga Penting

Hal yang perlu diperhatikan dalam masa peralihan musim--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Diare dan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) harus diwaspadai di tengah pergantian musim, karena turut mempengaruhi imunitas tubuh. 

Perubahan cuaca di tengah musim pancaroba menimbulkan berbagai perubahan, yakni tubuh yang kian rentan akibat imunitas yang terdampak.

Di sisi lain, agen yang dapat menularkan penyakit seperti mikroba dan kuman menjadi lebih mudah menginfeksi manusia karena lingkungan yang lebih kondusif. 

BACA JUGA:Hubungan Suami Istri Mulai Hambar? Coba 4 Tips Sederhana Ini Agar Rumah Tangga Kembali Hangat

Masa transisi antara dua musim juga menimbulkan potensi penyakit lain yang biasanya timbul akibat genangan air. Salah satunya adalah penyakit demam berdarah dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk.

Masyarakat harus mengendalikan lingkungan untuk mencegah nyamuk pembawa virus berkembang biak. Langkah yang dapat dilakukan adalah membersihkan dan menguras tempat penampungan air agar tidak jadi sarang nyamuk bertelur, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas.

Untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit, masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat. Caranya adalah mengecek kesehatan rutin untuk usia 15 tahun ke atas setiap 6-12 bulan sekali untuk faktor risiko penyakit tidak menular, menghindari rokok, olahraga 30 menit per hari minimal lima hari dalam sepekan.

BACA JUGA:BKKBN Buka Rekrutmen KPM Satgas Percepatan Penurunan Stunting 2024, Cek Syarat dan Lokasi Penempatannya

Hal lain yang harus dilakukan untuk hidup sehat adalah menjalani diet seimbang lengkap dengan sayur dan buah, mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak, istirahat cukup dan mengelola stres.

Pada kondisi tersebut, menerapkan pola hidup sehat merupakan kunci penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap berada di kondisi prima dan tidak mudah terserang penyakit. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama musim pancaroba, yakni sebagai berikut :

- Penuhi asupan air putih dalam satu hari

- Biasakan untuk selalu mencuci tangan baik setelah ataupun sebelum melakukan kegiatan

- Rutin dalam melakukan olahraga baik kardio maupun beban, yang terpenting adalah tubuh tetap bergerak setiap harinya, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: