Iklan dempo dalam berita

135 Negara Mengakui Palestina, Bagaimana dengan Amerika Serikat? Simak pula Awal Mula Pertikaian dengan Israel

135 Negara Mengakui Palestina, Bagaimana dengan Amerika Serikat? Simak pula Awal Mula Pertikaian dengan Israel

Pengakuan negara internasional terhadap Palestina--

INTERNASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sejarah terbentuknya Palestina memiliki akar yang sangat kompleks dan panjang. Wilayah Palestina yang terletak di Timur Tengah, memiliki sejarah yang kaya dan rumit, dipengaruhi oleh berbagai peristiwa politik, agama, dan budaya. 

Lalu bagaimana sejarah dari Palestina hingga perjuangan presiden Yasser Arafat untuk Palestina?

Asal Mula Nama Palestina

Sepanjang sejarah, Palestina telah diduduki oleh banyak kelompok, termasuk Asyur, Babilonia, Persia, Yunani, Romawi, Arab, Fatimiyah, Turki Seljuk, Mesir, dan Mamelukes. Sekitar tahun 1517 hingga 1917, kekaisaran Ottoman menguasai sebagian besar wilayah tersebut.

BACA JUGA:Ternyata Kopi Pertama di Indonesia Bukan dari Sumatera, Namun di Daerah Ini

Sejarah Palestina berkaitan dengan perebutan wilayah dan konflik yang belum tuntas ketika Perang Dunia I berakhir tahun 1918 Inggris menguasai Palestina. Liga Bangsa-bangsa mengeluarkan mandat kepada Inggris atas kendali administratif di wilayah tersebut.

Dilansir dari beberapa sumber, Palestina berasal dari kata Yunani yaitu "Philistia", yang digunakan oleh Yunani Kuno untuk menggambarkan wilayah tersebut pada abad ke-12 SM. 

Sejak Kekaisaran Ottoman jatuh dalam Perang Dunia I (1914-1918) hingga tahun 1948, istilah Palestina umumnya merujuk pada wilayah geografis antara Laut Mediterania dan Sungai Yordan. Pada abad ke-20, masyarakat Arab yang tinggal di wilayah tersebut mulai dikenal sebagai orang Palestina. 

BACA JUGA:Peluang Berkarir di PT Triputra Agro Persada, Pendaftaran Dibuka Hari Ini 16 Desember, Tersedia 7 Posisi

Namun, sebagian besar tanah di wilayah ini saat ini menjadi sengketa dengan Israel. Menurut teori yang berlaku saat ini, wilayah Palestina mencakup Tepi Barat (wilayah di antara Israel dan Yordania modern) dan Jalur Gaza (wilayah yang berbatasan dengan Israel dan Mesir). 

Namun kontrol atas wilayah ini masih terus berkembang dan sangat kompleks. Tidak ada konsensus internasional mengenai perbatasan wilayah Palestina yang telah lama diklaim dan diduduki oleh Israel. 

Lebih dari 135 negara anggota PBB mengakui Palestina sebagai negara berdaulat, namun Israel dan beberapa negara lainnya, termasuk Amerika Serikat, tidak sepakat dengan pandangan tersebut. 

BACA JUGA:Ciri Khas Natal, Begini Sejarah dan Cara Membuat Kue Jahe, Belum Lengkap Rasanya Tanpa Kue Satu Ini

Selama sejarahnya, Palestina telah menjadi daerah yang diduduki oleh banyak kelompok, antara lain Asyur, Babilonia, Persia, Yunani, Romawi, Arab, Fatimiyah, Turki Seljuk, Mesir, dan Mamelukes. Pada periode tahun 1517 hingga 1917, Kekaisaran Ottoman mengendalikan sebagian besar wilayah ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: