Iklan RBTV Dalam Berita

Jangan Panik, Lakukan 9 Langkah Ini Untuk Membantu Anak saat Demam Tinggi dan Kejang

Jangan Panik, Lakukan 9 Langkah Ini Untuk Membantu Anak saat Demam Tinggi dan Kejang

Lakukan cara ini untuk mengatasi kejang demam anak--

Berdasarkan beberapa sumber yang mengatakan bahwa, selama ini yang paling sering dilakukan orang tua saat mendapati anaknya kejang adalah memasukkan sendok, kopi, kecap, kain, atau benda lainnya ke dalam mulut anak.

Namun ternyata, tindakan ini merupakan penanganan yang kurang tepat ya Bunda, karena bisa membuat anak jadi tersedak. Memasukkan berbagai benda asing ke mulut anak saat kejang akan membuat kondisi anak jadi lebih berbahaya. Jika anak tersedak, akhirnya bisa menyebabkan kematian.

BACA JUGA:Jangan Panik, Tindakan Pertama Bunda Lakukan 6 Langkah Berikut Saat Suhu Badan Anak Panas

3. Longgarkan baju anak

Ketika anak kejang, bunda juga harus membantu untuk melonggarkan baju anak. Saat kondisinya kaku, anak membutuhkan ruang gerak yang lebih bebas sehingga anak mendapatkan banyak udara.

4. Posisikan terlentang atau miring

Menempatkan anak di tempat yang aman adalah hal penting yang perlu dilakukan saat anak kejang. Ketika kejang, posisikan anak terlentang atau miring untuk mencegahnya agar tidak tersedak.

Jangan meletakkan anak di atas meja atau tempat tidur yang sempit karena ditakutkan bisa membuat anak terjatuh, dan jangan mencoba menggendong atau menahan anak. Hal itu akan meningkatkan risiko cedera pada anak.

5. Amati pernapasan anak

Perhatikan tanda-tanda masalah pada pernapasan, termasuk juga warna kebiruan di wajah anak

BACA JUGA:Obati Mata Bintitan Dengan 7 Bahan Alami Ini, Salah satunya Gunakan Lidah Buaya

6. Hitung durasi kejang

Bunda harus menghitung durasi kejang pada anak. Jika kejang berlangsung lima menit atau lebih dan tidak melambat atau berhenti, maka Bunda harus segera menghubungi rumah sakit atau bawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) agar anak mendapatkan pertolongan yang semestinya.

7. Ukur suhu tubuh anak

Jangan lupa untuk menghitung suhu tubuh anak ketika kejang Bunda. Hal ini juga penting untuk dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: