Iklan dempo dalam berita

Jika Ada Orang Keracunan Asap Knalpot Kendaraan, Segera Lakukan Pertolongan Berikut

Jika Ada Orang Keracunan Asap Knalpot Kendaraan, Segera Lakukan Pertolongan Berikut

Asap dari knalpot kendaraan bisa mengakibatkan keracunan karbon monoksida--

Kerusakan otak permanen;

Kerusakan pada jantung;

Keguguran janin;

Kematian.

 

Cara Mencegah Keracunan Karbon Monoksida

Berikut tindakan pencegahan sederhana untuk mencegah keracunan karbon monoksida:

Pasang detektor karbon monoksida. Letakkan satu di dekat area tidur di rumah. Periksa baterai setiap kali memeriksa baterai detektor asap. Cobalah periksa setidaknya dua kali setahun. Jika alarm berbunyi, tinggalkan rumah dan pemadam kebakaran. 

Buka pintu garasi sebelum menyalakan mobil. Jangan nyalakan mobil dalam garasi yang tertutup. 

BACA JUGA:Sebelum Memakan Korban Jiwa, Begini Kondisi Sumur di Lebong yang Menewaskan 3 Orang

Gunakan peralatan gas sesuai anjuran. Jangan pernah menggunakan kompor gas atau oven untuk menghangatkan rumah. Gunakan kompor gas portabel di luar ruangan saja. Gunakan pemanas ruang yang membakar bahan bakar hanya ketika kamu terjaga. Jangan menyalakan generator di ruang tertutup, seperti ruang bawah tanah atau garasi.

Berhati-hatilah saat bekerja dengan pelarut di area tertutup. Metilen klorida, pelarut yang biasa ditemukan dalam penghilang cat dan pernis, dapat memecah (memetabolisme) menjadi karbon monoksida saat dihirup. Paparan metilen klorida dapat menyebabkan keracunan karbon monoksida. Saat bekerja dengan pelarut di rumah, gunakan hanya di luar ruangan atau di area yang berventilasi baik. Baca instruksi dengan seksama dan ikuti tindakan pencegahan keamanan pada label.

 

Risiko Keracunan Karbon Monoksida

Karbon monoksida, atau CO, adalah gas beracun yang tidak dapat kamu lihat atau cium. Karbon monoksida dilepaskan setiap kali bahan bakar atau bahan berbasis karbon lainnya dibakar. CO biasanya berasal dari sumber di dalam atau di dekat rumah kamu yang tidak dirawat atau dibuang dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: