Iklan dempo dalam berita

Mau Punya Umur Lebih Panjang, Coba Terapkan 5 Pola Hidup Sehat Ini

Mau Punya Umur Lebih Panjang, Coba Terapkan 5 Pola Hidup Sehat Ini

Terapkan 5 Pola Hidup Sehat agar panjang umur--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Setiap orang pastinya ingin memiliki umur panjang dan tubuh yang sehat. Namun, apakah ada cara untuk mewujudkan hal tersebut?

Pastinya banyak cara yang bisa diterapkan agar panjang umur. Mulai lah dari mengubah kebiasaan untuk memulai hidup yang sehat dan panjang umur. 

BACA JUGA:5 Tips Panjang Umur dari Orang Berusia Paling Tua di Dunia, Ada yang 122 Tahun

Terdapat sejumlah kebiasaan yang menjadi resep kesehatan jangka panjang.

Nah, jika Anda juga memiliki mimpi yang sama, menjaga kesehatan dan memiliki harapan hidup yang tinggi alias sehat dan panjang umur harus diupayakan dari sekarang. 

Yuk, ketahui lima pola hidup sehat yang bisa tingkatkan peluang berumur panjang!

BACA JUGA:Coba Terapkan 11 Cara Sederhana Ini Agar Hidup Panjang Umur, Nomor 5 Siapa Sangka

1. Makan makanan sehat

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Norwegia pada awal tahun 2022, rutinitas mengonsumsi makanan sehat bisa meningkatkan usia harapan hidup hingga 13 tahun. Dengan mengadaptasi pola makan sehat, risiko penyakit kronis dan kematian dini akan berkurang, sehingga meningkatkan harapan hidup. Angka harapan hidup yang didapatkan bisa semakin tinggi seiring dengan semakin muda diterapkannya pola makan sehat dalam rutinitas harian.  Anda bisa mulai mencoba mengurangi konsumsi daging merah dan makanan olahan, lalu menggantinya dengan memperbanyak buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

BACA JUGA:8 Makanan Bisa Membuat Umur Panjang, Termasuk Alpukat

2. Imbangi porsi aktivitas fisik

Tahukah Anda? Perubahan alami yang terjadi pada tubuh akibat bertambahnya usia dapat mengurangi fungsi otot, menyebabkan nyeri sendi, dan membuat energi menurun. Namun, jangan tergoda untuk tidak beraktivitas fisik atau berolahraga, ya! Penelitian yang dilakukan di Inggris pada tahun 2019 dan dimuat dalam jurnal The BMJ menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan peluang berumur panjang. 

Jadi, mulailah rutin berolahraga mulai dari sekarang. Sebab, porsi aktivitas fisik atau olahraga yang cukup, setidaknya 30 menit per hari, dapat menurunkan risiko penyakit kronis, salah satu penyebab kematian yang dialami banyak orang. 

BACA JUGA:5 Minuman yang Dipercaya Membuat Umur Panjang, Nomor 5 Mengandung Alkohol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: