Iklan dempo dalam berita

Ini Jenis-jenis Meteran Listrik dan Ketahui juga Keunggulannya Masing-masing

Ini Jenis-jenis Meteran Listrik dan Ketahui juga Keunggulannya Masing-masing

Jenis dan keunggulan meteran listrik--

Meteran ini memiliki angka digit yang menunjukkan jumlah listrik yang digunakan setiap harinya. Meteran analog digunakan oleh pelanggan yang menggunakan sistem pascabayar. 

Setiap bulannya, petugas akan membaca meteran untuk menghitung jumlah daya yang digunakan. Hasil perhitungan ini akan menjadi dasar untuk menghitung biaya listrik yang harus dibayar oleh pelanggan.

Meteran Listrik Digital

Jenis meteran listrik berikutnya adalah meteran listrik digital. Meteran ini merupakan versi yang lebih modern dibandingkan dengan meteran analog. Seperti namanya, meteran ini menggunakan teknologi digital dan biasanya dipasang di perumahan-perumahan yang lebih besar. 

Meteran digital merupakan jenis meteran listrik kedua terpopuler yang digunakan di Indonesia. Jika meteran analog hanya memiliki angka sebagai penunjuk besar daya listrik yang digunakan, meteran listrik digital dilengkapi dengan layar LCD. 

BACA JUGA:Asus TUF Gaming FX505, Laptop Bandel yang Banyak Mendapat Pengakuan, Harga Mulai Rp 10 Jutaan

Kelebihan meteran ini adalah kemampuannya untuk menghitung dengan lebih efisien dan akurat besar daya listrik yang digunakan. Umumnya, meteran listrik digital digunakan oleh pelanggan prabayar. 

Dengan adanya meteran listrik digital, pengguna dapat lebih mudah melacak dan mengelola penggunaan daya listrik mereka. Ini dapat membantu mengurangi pemborosan energi dan meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa meteran listrik digital merupakan pilihan yang lebih baik dalam hal efisiensi dan akurasi penggunaan daya listrik.

Smart Meter

Dan jenis meteran Listrik yang digunakan terakhir adalah smart meter, Smart meter, juga dikenal sebagai advanced metering infrastructure (AMI), adalah meteran listrik yang terhubung ke jaringan utilitas. Meteran ini memungkinkan pengiriman data energi secara real-time ke penyedia layanan utilitas. 

BACA JUGA:Kantor Pos Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, Apa Status Pegawai Pos? PNS atau Bukan?

Dengan bantuan smart meter, penyedia layanan dapat secara langsung mendapatkan informasi tentang konsumsi energi pengguna dan menghitung tagihan dengan lebih akurat. Selain itu, smart meter juga memungkinkan pengguna untuk memantau penggunaan energi mereka melalui aplikasi ponsel atau situs web.

meteran ini sudah mulai di terapkan di beberapa daerah di Indonesia dan terus berlanjut hingga seluruh Indonesia. Dengan bantuan banyak peneliti dan pekerja produksi yang hebat, meteran Listrik ini telah berkembang pesat menuju kecerdasan dan sistematisasi. Dan menjadikan mereka sebagai dasar dari kemajuan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini.

Nah, Itulah beberapa jenis meteran listrik yang perlu Anda ketahui. Dengan pemahaman yang baik tentang jenis-jenis meteran ini, Anda dapat memilih meteran yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat merencanakan penggunaan energi listrik dengan lebih efisien. 

BACA JUGA:Pengumuman Kelulusan PPPK Guru, Ini Cara Cek Nama yang Lulus di Situs Resmi BKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: