Iklan dempo dalam berita

Banjir Rezeki Akhir Tahun, 3 Bansos Ini Sudah Masuk Rekening Desember 2023, Begini Cara Cek Nama Penerima

Banjir Rezeki Akhir Tahun, 3 Bansos Ini Sudah Masuk Rekening Desember 2023, Begini Cara Cek Nama Penerima

Cara cek penerima bansos bulan Desember--

Bansos Uang Tunai senilai Rp500 ribu per KPM tersebut akan disalurkan melalui Himbara, khususnya bagi KPM yang telah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Selain itu, penyaluran juga akan dilakukan melalui Kantor Pos dan langsung ke penerima bantuan. 

Bantuan ini ditujukan khusus untuk keluarga yang tergolong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Uang tunai sebesar Rp500 ribu merupakan tambahan satu kali transfer untuk keluarga penerima kartu BPNT. 

Untuk mengecek apakah seseorang termasuk penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) atau bukan, masyarakat dapat menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

BACA JUGA:Apa Penyebab dan Faktor Jumlah Pendaftar KPPS Pemilu 2024 Diwilayah Tertentu Kurang, Bagaimana Langkah KPU

Berikut cara melakukan pengecekan:

- Pengecekan dapat dilakukan melalui laman resmi https://cekbansos.siks.kemsos.go.id. 

- Proses pengecekan di laman tersebut dimulai dengan memasukkan NIK pada kolom yang tersedia. 

- Pengguna dapat memilih salah satu identitas yang terdaftar di sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, atau NIK. 

- Setelah memilih identitas, pengguna diminta memasukkan nomor identitas DTKS/Basis Data Terpadu (BDT) pada kolom kedua. 

- Selanjutnya, pada kolom ketiga, pengguna diminta menuliskan nama lengkap anggota rumah tangga (ART) yang tinggal dan makan di rumah tersebut. 

BACA JUGA:Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 4 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda di Pagi Hari

- Pengguna diminta untuk menuliskan nama sesuai identitas atau KTP. Setelah itu, memasukkan kode captcha sesuai dengan karakter huruf yang muncul di layar di bawah kolom. 

- Terakhir, klik tombol "Cari". Sistem aplikasi penerima BST akan memproses data yang dimasukkan dan memberikan informasi apakah identitas tersebut terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp500 ribu atau tidak.

BACA JUGA:Menghitung Hari Bansos PKH 2024 akan Cair, Simak Alokasi Penyaluran Tahap 1 Januari 2024 Disini

Demikianlah beberapa bansos akhir tahun 2023 yang sudah disalurkan hari ini. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: