Iklan dempo dalam berita

Ketahui 11 Khasiat Terong Belanda Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Obesitas

Ketahui 11 Khasiat Terong Belanda Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Obesitas

Khasiat Terong Belanda Bagi Kesehatan Tubuh--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Terong Belanda atau terung Belanda (Solanum betaceum) adalah spesies tanaman dari keluarga terung (Solanaceae) yang berasal dari Amerika Selatan. Di Indonesia, terong ini kemungkinan pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan oleh bangsa Belanda di Bogor, Jawa Barat, Indonesia sejak tahun 1941, oleh karena itu dikenal dengan nama terong Belanda, meskipun buahnya asli dari daerah Amazon Amerika Latin.

BACA JUGA:Konsumsi Terong Hijau Mentah Sebelum Tidur, Ini 5 Khasiatnya Bagi Tubuh, Jangan Kaget!

Terong Belanda berbau seperti gunung es, panjang tangkai daunnya 7-10 cm. Bunga terung Belanda berkelompok kecil di ketiak daun, dekat ujung cabang, berwarna merah muda hingga biru muda, harum, berdiameter sekitar 1 cm.

Ciri lain terong Belanda juga dapat dilihat pada lima bagian bunganya, kelopak bunga berbentuk lonceng, bercuping lima, benang sarinya berserabut 5, terletak di depan kelopak, kepala sari tersembunyi di dalam kerucut. di sisi lain. Putik memiliki dua ovarium dengan banyak bakal biji dan satu putik kecil. Buah terung Belanda berbentuk lonjong atau lonjong, berukuran 3-10cm x 3-5cm, ujungnya runcing, terjumbai, bertangkai panjang, daun tidak rontok.

BACA JUGA:Nyesel Baru Tahu Sekarang, 3 Khasiat Luar Biasa Air Rebusan Terong, Begini Cara Membuatnya

Kulit buahnya tipis, halus, ungu kemerahan, dari merah-orange hingga kekuningan, daging buahnya banyak mengandung sari, sedikit asam, warnanya hitam-kuning. Bijinya berbentuk bulat pipih, tipis dan keras.

Terong Belanda asli Amerika Selatan, tetapi tidak diketahui secara pasti dari bagian benua mana spesies ini berasal. Beberapa populasi liar ditemukan di wilayah selatan Bolivia dan wilayah timur laut Argentina. Orang-orang di Amerika Selatan mungkin baru mulai membudidayakan terong Belanda baru-baru ini. Terong Belanda kini telah menyebar ke daerah subtropis di seluruh dunia dan merupakan salah satu tanaman produksi utama di Amerika Tengah dan Selandia Baru.

BACA JUGA:Orang dengan Golongan Darah Ini Setop Konsumsi Terong, Efeknya Bisa Menimbulkan Penyakit Berbahaya

Tumbuh baik di pegunungan/dataran tinggi pada ketinggian 1000 mdpl. Di Jawa Barat ditemukan pada ketinggian 450 hingga 1700 meter di atas permukaan laut. Membutuhkan banyak nutrisi, berdrainase baik dan lembab, tanah yang sejuk.

Kandungan Gizi Terong Belanda

Terong Belanda adalah buah berbentuk lonjong yang hampir menyerupai telur. Meski disebut terong Belanda, buah dengan nama latin Solanum betaceum ini banyak dibudidayakan di Amerika, Australia, dan Asia.

Di Indonesia, orang Belanda memperkenalkan dan membudidayakan buah ini, oleh karena itu disebut terong Belanda. Ada juga berbagai bahan terong Belanda yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, antara lain:

BACA JUGA:Rebus Terong Ungu 5 Menit dan Konsumsi Secara Rutin, Penyakit Berbahaya Jenis Ini Bisa Diatasi

• Energi: 52 kal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: