Iklan dempo dalam berita

KUR BRI Syarat Mudah, Ini Caranya agar Pengajuan Langsung Disetujui, Wajib Punya Jaminan

KUR BRI Syarat Mudah, Ini Caranya agar Pengajuan Langsung Disetujui, Wajib Punya Jaminan

Cara pengajuan KUR BRI agar langsung disetujui--

4. Kelola Keuangan dengan Baik   

Salah satu kriteria penting dalam pengajuan KUR BRI adalah kemampuan UMKM untuk mengelola keuangan dengan baik. Pastikan UMKM memiliki laporan keuangan yang akurat dan teratur serta dapat membuktikan bahwa usaha mampu menghasilkan keuntungan dan mengelola utang dengan baik.   

5. Memiliki Jaminan yang Memadai   

Jaminan menjadi faktor penting dalam pengajuan KUR BRI. Pastikan UMKM memiliki jaminan yang memadai seperti sertifikat tanah, BPKB kendaraan, atau surat berharga. 

Calon kreditur juga perlu memastikan bahwa jaminan yang diserahkan sudah bebas dari sengketa dan terjamin keasliannya.   

BACA JUGA:KUR BRI Pinjam Rp 45 Juta, Cicilan Bulanannya Tidak Sampai Rp 900 Ribu, Begini Cara Pengajuannya

Pengecekan Riwayat Kredit   

Selain itu, salah satu tahapan yang harus dilalui yang mau meminjam KUR adalah BI Checking atau saat ini sudah berganti menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. 

Mengutip laman sikapiuangmu.ojk.go.id, BI Checking adalah pengecekan riwayat kredit di Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia yang dilakukan oleh debitur. 

Di SLIK, informasi riwayat kredit nasabah perbankan dan lembaga keuangan lainnya tercatat di layanan iDEB atau Informasi Debitur. 

SLIK harus diperhatikan jika Anda ingin mengajukan pinjaman atau menjadi debitur sebab menjadi penentu apakah pengajuan akan diterima atau ditolak oleh bank. 

BACA JUGA:KUR BRI Pinjam Rp 100 Juta, Cicilan Bulanannya Tidak Sampai Rp 3 Juta, Ini Syaratnya

Ketika permohonan kredit seseorang berulang kali ditolak bank, bisa jadi karena kolektabilitasnya di Sistem Informasi Debitur buruk alias tidak lolos BI Checking. 

Perlu Anda ketahui, semakin besar skor BI Checking maka semakin buruk penilaian dan semakin sulit untuk mengajukan pinjaman. Akan tetapi jika Anda memiliki skor BI Checking rendah, artinya penilaian kredit Anda baik dan akan semakin mudah untuk mengajukan pinjaman.   

Saat ini Anda bisa langsung mengecek skor kredit sendiri informasi SLIK melalui situs idebku.ojk.go.id. Berikut cara mengecek skor kredit melalui laman idebku.ojk.go.id: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: