Iklan dempo dalam berita

Presiden Soekarno Menyebut Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun, Benarkah? Ternyata Ini Sejarahnya

Presiden Soekarno Menyebut Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun, Benarkah? Ternyata Ini Sejarahnya

Presiden Soekarno Menyebut Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun, Benarkah?--Foto: ist

Namun kekuasaan dua orang itu hanya di pulau Jawa saja (itupun tidak semua daerah pulau Jawa), dan daerah-daerah  luar Jawa yang sebelumnya dikuasai Belanda.

BACA JUGA:Exploring the Rich Indonesian Culinary Heritage: 7 Must-Taste Local Noodle Dishes

Barulah pada 1816 wilayah Indonesia dikembalikan lagi ke Belanda. Dengan kembalinya wilayah tersebut, Belanda mulai berkeinginan menguasai seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya wilayah Jawa dan beberapa daerah luar yang sebelumnya telah dikuasai.

Maka, dimulailah invasi Belanda ke berbagai wilayah Indonesia hingga akhirnya setelah mereka mengalahkan Kerajaan Bali pada 1904 dan Kesultanan Aceh pada 1912, barulah mereka dinyatakan secara resmi menguasai seluruh Nusantara karena sudah berhasil mengalahkan seluruh kerajaan di Nusantara.

BACA JUGA:6 Jenis Pohon Kelapa Terkenal di Indonesia, Nomor 1 dan 4 Biasa Digunakan untuk Penawar Racun

Jadi berapa tahun Indonesia dijajah?

Jadi, Belanda baru bisa dinyatakan menjajah Indonesia adalah pada tahun 1912. Kalau dihitung-hitung dari 1912 sampai 1945, maka Belanda hanya menjajah Indonesia selama 33 tahun.

Lalu kenapa disebut 350 Tahun?

Istilah Indonesia dijajah 350 tahun berasal dari perkataan Ir Soekarno dalam setiap orasinya. 

Hal ini beliau lakukan untuk menggelorakan semangat para rakyat Indonesia agar terus semangat berjuang dalam melawan penjajahan Belanda. Begitulah beberapa fakta mengenai sebutan bahwa belanda menjajah indonesia selama 350 tahun yang dilansir dari berbagai sumber, semoga artikel ini menambah wawasan kita semua.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: