Iklan dempo dalam berita

6 Jenis Pohon Kelapa Terkenal di Indonesia, Nomor 1 dan 4 Biasa Digunakan untuk Penawar Racun

6 Jenis Pohon Kelapa Terkenal di Indonesia, Nomor 1 dan 4 Biasa Digunakan untuk Penawar Racun

6 Jenis Kelapa yang ada di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Siapa yang tidak mengenali pohon kelapa. Rasanya mulai dari kalangan anak-anak sudah sangat kenal dengan pohon dan buah kelapa. Tapi, belum tentu semua orang bisa membedakan jenis-jenis pohon kelapa.

BACA JUGA:Mengapa Dianjurkan untuk Kaum Wanita Rutin Mengonsumsi Air Kelapa Muda, Ternyata Begini Efeknya?

Dari berbagai jenis pohon kelapa, terdapat beberapa jenis yang sangat populer dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Beberapa jenis pohon kelapa itu adalah sebagai berikut :

1. Kelapa Hijau

Mirip namanya, kelapa hijau merupakan jenis kelapa yg mempunyai dasaran warna kulit buah yang hijau mencolok. mempunyai nama latin cocos viridis. Termasuk dalam jenis kelapa dalam (pohon tinggi) serta buahnya mempunyai berukuran yang lumayan besar.

Mirip buah kelapa pada umumnya air kelapa hijau sangat diminati oleh banyak orang karena sudah terbukti berguna mencegah serta mengobati aneka macam penyakit, salah satunya menetralkan racun pada tubuh orang keracunan makanan.

Tidak hanya itu, batok dan serabutnya juga biasa digunakan buat kerajinan tangan, alat dapur serta bahan dasar material bangunan.

BACA JUGA:Apa Dampaknya Bila Anak-anak Rutin Mengonsumsi Air Kelapa Muda

2. Kelapa Pandan Wangi

Pandan wangi adalah salah satu pohon kelapa penyebarannya sangat langka dan tidak mudah dijumpai. Pohon ini bisa ditemui di beberapa daerah saja. Ya, mungkin karena memang varietas kelapa ini dari berasal Thailand yang dibudidayakan dalam skala industri di Indonesia. 

Selain aromanya wangi, air kelapanya juga sangat manis dibanding kelapa lain, ternyata pohon kelapa pandan wangi juga masuk kategori cepat berbuah (pohon pendek). Nah, mungkin itulah yang menjadikan harga butir dan bibit kelapa pandan wangi mahal dan jarang ditemui di pekarangan biasa. Ditambah perlunya intensif pada perawatan harian kebun kelapa pandan wangi. 

Berpostur pendek setinggi maksimal hanya 3 meter, tidak menghalangi pandan wangi berbuah secara maksimal. Terbukti pohon kelapa jenis ini mampu menghasilkan buah pada usia tiga tahun, lebih cepat daripada kelapa lain. Berbicara soal harga, buah kelapa pandan wangi lebih unggul sampai 10 kali lipat, karena perawatan yang sulit dan tidak semua orang bisa membudidayakannya.

BACA JUGA:5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Bumil, Nomor 4 Rupanya Menjernihkan Air Ketuban

3. Kelapa Kopyor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: