Iklan RBTV Dalam Berita

Kecelakaan Maut di Bengkulu Utara Diduga Akibat Sopir Truk Mengalami Microsleep, Apa Itu Microsleep dan Bahaya

Kecelakaan Maut di Bengkulu Utara Diduga Akibat Sopir Truk Mengalami Microsleep, Apa Itu Microsleep dan Bahaya

Kecelakaan di Bengkulu Utara diduga akibat sopir mengalami microsleep--

BACA JUGA:Cek Simulasi Tabel KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 75 Juta, Suku Bunga Rendah dan Proses Pengajuan Sederhana

Tapi, jika kondisi tubuh tetap dirasa tidak mendukung untuk melanjutkan perjalanan dan masih sangat terasa ngantuk, maka ada baiknya untuk melakukan cara mencegah microsleep selanjutnya.

4. Berhenti dan Beristirahat Sejenak

Jika melakukan peregangan masih belum cukup ampuh sebagai cara mencegah microsleep, maka ada baiknya lanjutkan istirahat dengan tidur sejenak di lokasi istirahat tersebut. Apabila di jalan tol, maka bisa memanfaatkan adanya rest area. Sedangkan jika di jalan biasa, maka bisa berhenti di minimarket atau restoran terdekat.

Pastikan tidur cukup minimal 30 menit. Usahakan kondisi sekitar tidak terlalu ramai dan cukup nyaman untuk beristirahat. Pastikan melanjutkan perjalanan apabila badan memang sudah cukup siap dan bugar serta tidak ada rasa mengantuk sedikit saja.

BACA JUGA:Kecelakaan Melibatkan 4 Kendaraan, 1 Korban Meninggal Dunia Terjepit Bak Truk

5. Putar lagu

Mungkin cara mencegah microsleep juga cukup sederhana untuk dilakukan, namun nyatanya sangat efektif. Sebab rasa kantuk biasanya timbul karena adanya rasa bosan yang menyerang. Ketika bosan umumnya pengemudi cenderung bisa melamun. Padahal kondisi melamun sangat berbahaya ketika mengemudi.

Atau, jika memang tidak ada pemutar musik, maka pengemudi bisa mengobrol dengan penumpang yang ada di sampingnya. Hal ini agar pengemudi bisa tetap menjaga konsentrasi. Itulah mengapa para penumpang jangan meninggalkan pengemudi sendirian untuk tidur, terutama saat perjalanan di malam hari.

6. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Lalu cara mencegah microsleep yang terakhir dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman sehat. Jenis makanan tersebut bisa kacang-kacangan atau makanan yang rendah karbohidrat. Sebab dikhawatirkan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti roti atau nasi, justru membuat kekenyangan dan rasa kantuk bisa timbul lebih cepat.

BACA JUGA:Jangan Lupakan yang Tua, Ini Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan Tubuh

Sedangkan untuk jenis minuman, sebenarnya tidak terlalu spesifik, tapi usahakan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Sebab air putih akan membantu untuk membawa suplai oksigen ke otak dan mampu mencegah dari rasa kantuk yang berlebihan.

Pastikan juga apabila ingin mengonsumsi minuman selain air putih, kandungan gulanya tidak terlalu banyak. Sebab kandungan gula terlalu banyak juga berbahaya dan bisa menjadi penyebab timbulnya rasa kantuk berlebihan.

Demikianlah edukasi mengenai apa itu microsleep dan bahaya microsleep saat berkendara, serta cara mencegahnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: