Iklan dempo dalam berita

Prioritas CPNS 2024 Fresh Graduate Diutamakan, Simak Berkas Persyaratan dan Cara Pendaftaran

Prioritas CPNS 2024 Fresh Graduate Diutamakan, Simak Berkas Persyaratan dan Cara Pendaftaran

Simak persyaratan dan cara pendaftaran CPNS 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 segera dibuka kembali oleh Pemerintah, baik itu rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Salah satu prioritas CPNS 2024 fresh graduate diutamakan.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS Awal Tahun Segera Dibuka, Ini Datar Formasi CPNS 2024 Untuk Lulusan SMA hingga S1

Para lulusan baru diutamakan memiliki talenta digital untuk mendukung transformasi digital pemerintah RI. Berdasarkan laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) yang akan diprioritaskan dalam rekrutmen CASN 2024 meliputi formasi pada pelayanan dasar seperti guru dan tenaga kesehatan.

BACA JUGA:Pemerintah Kembali Buka Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Bagaimana Nasib Honorer?

Untuk tahun 2024, pemerintah akan tetap fokus merekrut lulusan baru atau fresh graduate melalui seleksi CPNS 2024. Adapun kebijakan rekrutmen CASN tahun ini, akan mengurangi jabatan-jabatan yang terkena dampak transformasi digital.

Hal ini dikarenakan pemerintah saat ini tengah fokus untuk mengembangkan transformasi digital. Pemerintah membutuhkan ASN yang memiliki kompetensi di bidang digital, seperti teknologi informasi, komunikasi, dan data science.

BACA JUGA:Fenomena CPNS Mengundurkan Diri, Ternyata Ini 5 Alasan Terbesar CPNS Mengundurkan Diri

Untuk kompetensi teknologi informasi ini dibutuhkan seiring dengan fokus pemerintah agar memperkuat keamanan siber nasional. Pemerintah juga akan memberikan afirmasi bagi fresh graduate yang memiliki prestasi akademik dan kemampuan berbahasa asing.

Adapun afirmasi ini diberikan untuk mendorong semangat para fresh graduate untuk mengikuti seleksi CPNS 2024.

BACA JUGA:Penting Bagi Peserta Lulus Tes, Ini 3 Sanksi untuk PPPK yang Mengundurkan Diri, Tidak Boleh Daftar CPNS

Salah satu kebutuhan formasi lain yang akan dipenuhi dalam rekrutmen CPNS 2024 adalah posisi calon hakim (cakim). Menurut data Mahkamah Agung (MA), masih cukup banyak kekurangan pada formasi calon hakim.

Oleh karenanya, kebutuhan formasi di lingkungan MA akan mencapai puluhan ribu. Posisinya mulai dari hakim peradilan umum, hakim peradilan agama, dan hakim peradilan tata usaha negara.

BACA JUGA:Tahun Depan KemenPANRB Buka Penerimaan 1,3 Juta CPNS, Catat Syaratnya Berikut

Diberitakan sebelumnya, mulai 2024, KemenPANRB memang berencana membuka rekrutmen besar-besaran pada formasi digital yang menyasar lulusan baru, di mana mereka akan fokus menangani digitalisasi birokrasi, namun terbatas pada posisi yang pertumbuhannya positif bukan tenaga teknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: