Iklan dempo dalam berita

5 Cara Merontokkan Karang Gigi yang Sudah Menebal, Hindari 3 Jenis Makanan Penyebab Karang Gigi Ini

5 Cara Merontokkan Karang Gigi yang Sudah Menebal, Hindari 3 Jenis Makanan Penyebab Karang Gigi Ini

Cara merontokan karang gigi yang sudah menebal--

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merontokan karang gigi adalah dengan memperbanyak makan buah dan sayuran. Ini karena buah dan sayuran membantu meningkatkan produksi air liur. Sementara air liur sendiri berfungsi untuk membilas kotoran, sisa-sisa makanan, hingga bakteri di dalam mulut.

BACA JUGA:Pilihan Terbaik Awal Tahun Hp POCO M4 Pro, Ini Spesifikasi dan Harganya

4. Kumur dengan Minyak Kelapa

Ternyata, minyak kelapa bisa juga dimanfaatkan sebagai cara merontokan sekaligus menghilangkan karang gigi. Ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam laurat yang dapat membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya cukup berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5-10 menit.

Itulah beberapa cara merontokkan karang gigi yang bisa digunakan hanya dirumah. Namun, bila karang gigi sudah terlanjur menebal dan menumpuk, maka tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menghilangkannya selain pergi ke dokter gigi. 

Dokter gigi akan menggunakan alat khusus bernama ultrasonic scaler untuk merontokan karang yang ada di sela-sela gigi maupun bagian garis gusi. Lamanya proses pembersihan karang menggunakan ultrasonic scaler ini pun bervariasi, tergantung tingkat keparahan karang yang terbentuk. Semakin tebal dan keras karang, maka proses pembersihannya juga akan memakan waktu.

BACA JUGA:Dibekali Fitur Canggih, Ini Tabel Angsuran Kredit Mobil Toyota Yaris Cross Hybrid, DP Mulai Rp 145 Juta

Sementara itu, sisa-sisa makanan yang menumpuk di gigi dan mulut membutuhkan waktu untuk membentuk karang.

Cepat atau lambatnya pembentukan karang tergantung pada kadar pH air liur yang dimiliki, artinya setiap orang mungkin akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda dalam mengembangkan penyakit ini. 

Selain pH air liur, jenis makanan yang dikonsumsi nyatanya juga bisa meningkatkan risiko karang gigi menyerang. Pembentukan plak gigi pada orang yang memiliki kadar pH air liur tinggi, yaitu di atas 7, biasanya akan terjadi lebih cepat. 

Maka dari itu, bagi orang yang memiliki kadar pH air liur tinggi atau bersifat basa, harus lebih teratur dan berhati-hati dalam menjaga kebersihan gigi, dengan rutin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi.

BACA JUGA:Buruan Daftar, Mayora Group Buka Lowongan Kerja Januari 2024 untuk 8 Posisi Sekaligus, Penempatan Seluruh Indo

Gigi dan mulut yang penuh karang gigi tidak hanya mengganggu kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga bisa mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat percaya diri. 

Untuk menghindari kondisi ini, perhatikan jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Ada tiga jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko munculnya karang gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: