Iklan dempo dalam berita

Sebentar Lagi LPG 3 Kg Bakal Diganti Pipa Gas Masuk Dapur, Apa Itu?

Sebentar Lagi LPG 3 Kg Bakal Diganti Pipa Gas Masuk Dapur, Apa Itu?

Sebentar Lagi LPG 3 Kg Bakal Diganti Pipa Gas Masuk Dapur, Apa Itu?--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Buat masyarakat pengguna gas-lpg 3 Kg, ada informasi penting untuk disimak. Sebentar lagi lpg 3 Kg bakal diganti pipa gas masuk dapur, apa itu? Simak penjelasannya berikut ini.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan meninggalkan distribusi gas dengan tabung ke masyarakat yang mudah diselewengkan.


Saat ini sedang dimulai proyek pembangunan pipa transmisi gas yang bisa langsung ke dapur. Untuk proyek yang sudah berjalan antara lain proyek pipa gas bumi Dumai-Sei Mangkei sepanjang 400 kilometer (km). Proyek pipa gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) 255 km. Bahkan jika proyek pipa gas ini rampung, maka jaringan pipa gas bumi akan tersambung dari Aceh hingga Jawa Timur.

BACA JUGA:Apa Itu Proyek Transmisi Gas Bumi? Bakal Jadi Pengganti LPG 3 KG Rumah Tangga

Menteri Arifin mengungkapkan untuk merealisasikan transisi tersebut, maka harus menyelesaikan pembangunan infrastruktur penyambung gas alam dengan kawasan permukiman. Oleh karena itu, KESDM sedang mengejar target proyek pipa transmisi gas bumi ini.

Sebab apabila proyek pipa Dumai-Sei Mangkei dan Cisem selesai, maka jaringan pipa gas bumi akan tersambung dari Aceh hingga Jawa Timur.

BACA JUGA:Catat! Ini 4 Jenis KTP yang Bisa Beli Gas LPG 3 Kg Mulai 1 Januari 2024

Apa Itu Program Pipa Gas Masuk Dapur?
Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, proyek ini akan membantu pemerintah untuk mengurangi impor LPG sehingga menghemat devisa.
Apalagi mengingat impor LPG Indonesia berkisar di 5-6 juta ton per tahun. Selain itu, masyarakat juga tak perlu lagi menenteng 'gas melon' alias LPG 3 kg.

Pembangunan transmisi pipa gas bumi merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

BACA JUGA:Ini 3 Alasan Membeli Gas LPG 2024 Menggunakan KTP, Bagaimana Cara Membeli Gas LPG 3 Kg?

Pemerintah menargetkan proyek pipa gas bumi Dumai-Sei Mangkei sepanjang 400 Km selesai pada 2027.Penyelesaian proyek pipa gas Dumai-Sei Mangkei tersebut merupakan bagian dari upaya antisipasi kelebihan gas bumi, yang mana ada potensi gas besar di Laut Andaman.
Total anggaran yang akan dipakai untuk pembuatan pipa gas Dumai-Sei Mangkei sebesar Rp 6,6 triliun, dan akan menyalurkan potensi gas bumi dari Wilayah Kerja (WK) Agung dan Andaman di Aceh untuk dimanfaatkan di Jawa dan Sumatera.

BACA JUGA:Ini Kelompok yang Dilarang Beli Gas LPG 3 Kg 2024, Berlaku Mulai 1 Januari

Seiring dengan itu, juga didorong penyelesaian ruas pipa gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap I yang telah selesai pada tahun 2023 dan pipa gas bumi Cisem Tahap II yang dijadwalkan rampung tahun 2025.
Diperkirakan akan ada penambahan penerima jaringan gas kota (jargas) di Cisem sebanyak 300 ribu sambungan rumah tangga (SR) dan Dumai-Sei Mangkei sebanyak 600 ribu SR.
Dari angka tersebut akan mengurangi subsidi LPG 3 kg Rp 630 miliar per tahun, dan akan menghemat devisa impor LPG Rp 1,08 triliun per tahun.

BACA JUGA:Pembelian LPG 3 Kg Tahun 2024 dengan Identitas KTP, Begini Cara Beli Gas LPG 3 Kg

Proyek ini akan membantu pemerintah untuk mengurangi impor LPG sehingga menghemat devisa. Apalagi mengingat impor LPG Indonesia berkisar di 5-6 juta ton per tahun. Selain itu, masyarakat juga tak perlu lagi menenteng 'gas melon' alias LPG 3 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: