Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Mengecek Kartu KIS Aktif atau TIdak Via Online dan Termasuk Cara Daftar Kartu KIS Baru

Begini Cara Mengecek Kartu KIS Aktif atau TIdak Via Online dan Termasuk Cara Daftar Kartu KIS Baru

Informasi mengenai cara cek KIS aktif atau tidak--

Kamu bisa mengakses salah satu layanan CHIKA. Kemudian, pada halaman pesan, kirimkan pesan apa pun untuk mendapatkan balasan otomatis berupa menu yang perlu dipilih.

Setelah menu dikirimkan oleh chatbot CHIKA, balas dengan pilih angka pada menu yang tersedia. Pilih menu ‘Cek Status Peserta’. Kemudian, cantumkan NIK dan tanggal lahir sesuai dengan format yang diminta oleh CHIKA. Setelah itu, CHIKA akan membalas pesanmu dengan menginformasikan status KIS atau BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Cara Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile, Pastikan Status Kepesertaan Selalu Aktif

3. Cek KIS di care center BPJS Kesehatan 165

Lebih mudah lagi jika mengecek status keaktifan peserta KIS dengan menghubungi nomor call center BPJS Kesehatan di nomor 165. 

Call center 165 adalah pengganti dari call center lama di nomor 1500400. Kamu akan dikenakan tarif lokal jika menelepon lewat telepon rumah dan dikenakan tarif sesuai provider jika menelepon lewat ponsel.

BACA JUGA:Cara Cek KIS Aktif Atau Tidak, Mudah Bisa Lewat WhatsApp Atau SMS

4. Cek status KIS di fasilitas kesehatan tingkat pertama

Cara cek keaktifan Kartu Indonesia Sehat atau KIS tingkat pertama ini cukup mudah dilakukan. Peserta hanya perlu mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama di mana peserta terdaftar dan dengan menunjukkan KIS, peserta minta petugas buat mengecek status keaktifan peserta.

BACA JUGA:Cara Mengaktifkan Kartu KIS dari Pemerintah yang Sudah Non Aktif Karena Tidak Digunakan

5. Cek status KIS di Dinas Sosial

Cek status Kartu Indonesia Sehat juga bisa dilakukan dengan mendatangi kantor Dinas Sosial setempat. Misalnya saja, peserta penerima KIS merupakan warga DKI Jakarta.

Peserta bisa mendatangi Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta yang berada di Gunung Sahari, Jakarta Pusat dengan membawa kartu KIS buat dicek status kepesertaannya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Ini 6 Perbedaan KIS dan BPJS, Mulai dari Besaran Iuran Hingga Prosedur Layanan

6. Mendatangi kantor layanan BPJS Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: