Iklan dempo dalam berita

3 Akad Pinjaman Bank CIMB Niaga Syariah Tanpa Riba dan Menguntungkan,Simak Penjelasannya

3 Akad Pinjaman Bank CIMB Niaga Syariah Tanpa Riba dan Menguntungkan,Simak Penjelasannya

3 Akad Pinjaman Bank CIMB Niaga Syariah--

Sejumlah produk pembiayaan atau pinjaman syariah juga menerapkan akad musyarakah. Menurut OJK, musyarakah merupakan akad kerjasama di antara dua pihak atau lebih untuk usaha tertentu yang setiap pihaknya memberikan porsi dana masing-masing.

BACA JUGA:KUR 2024 Tidak Pakai Jaminan, Ini Perbandingan Cicilan KUR BRI dan Mandri Pinjaman Rp 100 Juta

Dalam hal ini, kedua pihak tersebut saling memberikan kontribusi berupa dana untuk membangun sebuah usaha, dengan keuntungan dan risiko yang akan ditanggung bersama sesuai kesepakatan. 

Akad ini menunjukkan bahwa kedua pihak merupakan pemilik modal. Pemilik modal dapat terlibat dalam pengelolaan bisnis sesuai kesepakatan bersama dan asetnya pun merupakan milik bersama kedua mitra usaha tersebut, sehingga keuntungan akan dibagi menurut kontribusi dan kesepakatan di awal. 

BACA JUGA:Pinjaman KUR Tanpa Jaminan, Ini Syarat hingga Cara Mengajukan Pinjaman yang Perlu Diketahui

3. Ijarah

Ijarah termasuk salah satu contoh akad yang berlaku dalam pembiayaan atau pinjaman syariah. Ijarah merupakan akad penyediaan dana dalam rangka memindahkan hak guna atau manfaat dari suatu barang atau jasa sesuai dengan transaksi sewa, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan barang itu sendiri.

BACA JUGA:Pinjaman Selain KUR di BSI, Ada 4 Pinjaman Lain, Syarat Mudah dan Terbebas dari Riba

Dengan kata lain, akad ijarah ini bertujuan untuk memindahkan manfaat (hak guna) suatu barang selama periode masa berlaku akad tersebut, yaitu setelah pembayaran upah sewa, tanpa diikuti oleh pergantian kepemilikan atas barang tersebut.

BACA JUGA:Berikut Pinjaman Selain KUR di BNI, Ada 10 Jenis Produk Pinjaman Tersedia yang Harus Kamu Ketahui

Adapun produk pinjaman syariah Saat ini, ada dua jenis produk pembiayaan atau pinjaman syariah yang cukup dikenal di berbagai kalangan masyarakat. Kedua produk pembiayaan syariah tersebut adalah KTA syariah dan juga KPR syariah.

BACA JUGA:Apa Saja Pinjaman Selain KUR di Bank Mandiri? Ketahui 2 Pinjaman Mandiri Non KUR Disini

Berikut penjelasannya:

1. KTA Syariah

Untuk pemahamannya sendiri, KTA syariah merupakan produk pembiayaan berlandaskan prinsip syariah. Produk ini merupakan salah satu bantuan pembiayaan yang ditawarkan oleh pihak bank kepada kamu tanpa adanya jaminan atau agunan sebagai syaratnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: