Iklan dempo dalam berita

Begini Niat dan Tata Cara Mengganti Shalat Wajib yang Tertinggal Selama Bertahun-Tahun

Begini Niat dan Tata Cara Mengganti Shalat Wajib yang Tertinggal Selama Bertahun-Tahun

Cara dan Niat mengganti shalat yang tinggal bertahun-tahun--

BACA JUGA:Tidak Cukup hanya Ikhtiar, Ini Doa agar Cepat Hamil Setelah Berhubungan Suami-istri

4. Sholat Qodho Berjamaah Para ulama sepakat bahwa shalat qodho boleh dilakukan dengan berjamaah, bahkan menjadi sunnah sebagaimana aslinya shalat lima waktu itu disunnahkan untuk dikerjakan dengan berjamaah. “Dasarnya adalah apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika terlewat dari shalat Kemudian diserukan (adzan) untuk shalat dan beliau SAW mengimami orang-orang. (HR. Bukhari)”. 

BACA JUGA:Punya Keistimewaan, 11 Sahabat Nabi Berikut Dijamin Allah SWT Masuk Surga

5. Waktu Pelaksanaan Sholat Qodho Sebagian ulama mengatakan sholat qodho wajib dikerjakan sesegera mungkin, namun sebagian mengatakan boleh ditunda.  Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang memerintahkan untuk segera melakukan shalat begitu ingat tanpa menunda-nundanya.

BACA JUGA:Bukan Sombong, Sahabat Nabi Satu Ini Berdoa Meminta agar Dimiskinkan, Apakah Dikabulkan?

Dari Anas bin Malik dari Nabi SAW bersabda,”Siapa yang terlupa shalat, maka lakukan shalat ketika ia ingat (HR. Bukhari) Sedangkan mazhab Asy-Syafi'iyah menyebutkan bahwa seseorang yang tertinggal dari mengerjakan shalat, wajib atasnya untuk mengganti shalatnya.

Namun tidak diharuskan untuk dikerjakan sesegera mungkin, apabila udzur dari terlewatnya shalat itu diterima secara syar'i. Dalam hal ini kewajiban qadha' shalat itu bersifat tarakhir. 

BACA JUGA:Bukan Abdurrahman bin Auf, Sahabat Nabi Satu Ini Hartanya Sampai Sekarang Terus Bertambah

Demikian penjelasan tentang niat dan tata cara menggantikan shalat tertinggal selamat bertahun-tahun lamanya. Semoga bermanfaat

(Tianzi Agustin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: