Iklan dempo dalam berita

Sambut Event Gebyar SMK, Berbagai Produk Unggulan Siap Ditampilkan SMKN 6 Kota Bengkulu

Sambut Event Gebyar SMK, Berbagai Produk Unggulan Siap Ditampilkan SMKN 6 Kota Bengkulu

SMKN 6 Kota Siap Tampilkan Produk Unggulan Sekolah--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – SMK Negeri 6 Kota Bengkulu akan berkolaborasi menampilkan produk keunggulan di sekolah, dalam event Gebyar SMK di Sport Center Pantai Panjang pada akhir pekan nanti.

BACA JUGA:Barrier Simpang Camat Seluma Malah Dibongkar OTD

Sementara itu, dalam semangat mengikuti event Gebyar SMK, Kepala SMKN 6 Kota Bengkulu Syaripin Effendi mengatakan sebagai kepala sekolah SMK Pusat keunggulan yang dipimpinnya akan menampilkan hasil olahan berupa ikan asap, jahe instan, roti manis, cookies, sirup kalamansi, keripik pisang, bakso bakar dan sumpia abon ikan.

BACA JUGA:Polres Benteng Tangkap Pengedar Ganja

Produk ikan asap merupakan salah satu produk keunggulan, karena daerah sekitar SMK Negeri 6 merupakan daerah pelabuhan Kampung Bahari.

Sehingga menjadi ikon dari SMK Negeri 6 Kota Bengkulu untuk pembuatan ikan asap, Ikan yang masih segar diproses pengasapan lebih kurang 5 jam untuk mengurai kadar air pada ikan.

BACA JUGA:Begini Usaha Pemkab Lebong Sukseskan Musim Tanam II

"Ini salah satu pengawetan secara alami sehingga ikan bisa tahan lebih lama, setelah iti dikemas dengan menarik," kata Syaripin. 

Tidak hanya itu, dengan keterampilan dari siswa-siswi kejuruan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian atau APHP, SMKN 6 Kota Bengkulu juga telah membuat olahan jahe instan yang sudah ada izin edar dari BPOM RI dengan Nomor (BPOM RI MD 269007001059) sehingga layak di jual di pasaran.

BACA JUGA:Bupati Seluma Semprotkan Pilox di Jalan Desa Sarimulyo-Tawang Rejo

Ada pun cara pengolahan jahe merah berkualitas baik dengan kriteria: ruas jahe merah minimal 6 cm, kulit tidak keriput, dan tidak busuk. Jahe merah diparut dengan mesin pemarut setelah itu jahe merah yang telah diparut diperas menggunakan kain saringan.

Ekstrak jahe merah diletakan dalam baskom dan diendapkan kurang lebih 15-20 menit untuk memisahkan patinya setelah itu tambahkan serai, cengkeh, kayumanis. Kemudian dimasak dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk perlahan.

BACA JUGA:Pedagang Masih Bandel, Satpol PP Kota Tidak Mau Kalah. Kembali Siapkan Penertiban PKL

Tambakan gula pasir, garam halus ke dalam ekstrak jahe merah, dimasak dengan api kecil sambil terus diaduk menjadi serbuk jahe merah (kurang lebih 30-40 menit).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: