Iklan dempo dalam berita

Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Sudah 53 Orang, Distan Seluma Jadwalkan Gebyar Vaksin

Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Sudah 53 Orang, Distan Seluma Jadwalkan Gebyar Vaksin

Pemkab Seluma merespon kasus gigitan rabies--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Menyikapi tingginya kasus gigitan hewan penular rabies di Kabupaten Seluma, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma akhirnya turut andil dalam upaya mengantisipasi korban jiwa akibat rabies, setelah menerima data korban gigitan hewan penular rabies dari Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma.

Salah satunya yang akan digencarkan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, yakni dengan mengadakan program gebyar vaksin yang menyasar terhadap hewan piaraan seperti anjing, kucing dan kera milik masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan idealnya hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera disuntik vaksin Anti Rabies setiap setahun sekali. Pasalnya, vaksinasi tahunan dipercaya akan mencegah penyakit rabies.

BACA JUGA:Berikut Daftar HP Xiaomi RAM 8GB yang Sudah Didukung Fitur NFC, Harga Rp 3 Jutaan

"Idealnya, hewan peliharaan penyebar rabies seperti anjing, kucing dan kera itu idealnya disuntik vaksin setiap tahunnya, untuk mencegah penyakit berbahaya seperti rabies ini," terang Arian Sosial.

Lanjutnya, menyikapi data laporan masyarakat yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu untuk mengirim stok vaksin anti rabies tersebut, karena persediaan stok vaksin anti rabies saat ini menipis.

"Kita segerakan agendakan program gebyar vaksin anti rabies ke seluruh desa dan kelurahan, kita akan meminta bantuan ke Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu untuk mengirimkan stok vaksin karena persediaan stok vaksin kita menipis," ujarnya.

BACA JUGA:Ngga Perlu Rogoh Kocek Terlalu Dalam! Berikut Daftar Hp VIVO Ram 8 Gb Harga Rp 1-2 Juta, Worth It Ngga sih?

Sementara itu, sampai saat ini per 27 Februari 2024, dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma menyebutkan jumlah kasus gigitan hewan penular virus rabies sudah mencapai 53 orang sejak awal Januari hingga Februari 2023. 

Ini setelah terbaru warga Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo mendatangi Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma pada Selasa pagi (27/2) untuk mendapatkan vaksin, setelah anaknya digigit anjing milik tetangganya.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Septi Erdita Putri mengatakan kasus gigitan hewan penular virus rabies ini, tertinggi terjadi di wilayah Kecamatan Semidang Alas, disusul wilayah Kecamatan Ilir Talo dan Kecamatan Sukaraja.

BACA JUGA:Kombinasi Desain yang Menawan, Ini Simulasi Kredit dan Cicilan Toyota Avanza Rp 3 Jutaan

"Sampai sekarang data terbaru kita sudah 53 orang yang tergigit hewan penular virus rabies, dan seluruhnya sudah disuntikan vaksin anti rabies," terang Septi Erdita Putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: