Iklan dempo dalam berita

Zakat Fitrah Ramadan 1445 H, Ini Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah Lengkap

Zakat Fitrah Ramadan 1445 H, Ini Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah Lengkap

Zakat Fitrah Ramadan 1445 H, Ini Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah Lengkap --Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMzakat-fitrah ramadan 1445 H, ini bacaan niat dan doa zakat fitrah lengkap.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim sebagai wujud dari rasa syukur atas nikmat berpuasa dan sebagai bentuk pembersihan diri dari dosa dan kesalahan selama bulan Ramadan. 

Zakat fitrah memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sah dan wajib dikeluarkan.

BACA JUGA:Ini Waktu Terbaik Membayar Zakat Fitrah Menurut Ulama, 5 Hukum Membayar Zakat Fitrah Ramadan

Menjadi Orang Muslim Syarat pertama untuk wajib zakat fitrah adalah menjadi orang muslim. Hanya mereka yang beragama Islam yang diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Memiliki Kemampuan Membayar Zakat Syarat kedua untuk wajib zakat fitrah adalah memiliki kemampuan atau cukup mampu untuk membayarnya. 

Artinya, seseorang yang memiliki harta atau penghasilan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup dasarnya dan keluarganya, serta memiliki lebih dari itu, diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

BACA JUGA:Kemenag Bengkulu Utara Terbitkan Besaran Qimat Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2024

Syarat ketiga untuk wajib zakat fitrah adalah membayar zakat fitrah pada waktu yang ditentukan. Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum waktu salat Idul Fitri atau pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. Membayar zakat fitrah pada waktu yang ditentukan sangat penting, karena jika zakat fitrah tidak dikeluarkan pada waktu yang telah ditetapkan, maka zakat tersebut tidak dianggap sah sebagai zakat fitrah dan harus dikeluarkan sebagai sedekah atau infak biasa. 

Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah Lengkap 

Ketika melaksanakan suatu ibadah, niat merupakan unsur paling penting karena menentukan sah dan tidaknya suatu ibadah.

BACA JUGA:Zakat Fitrah Wilayah Seluma Sudah Ditetapkan Kemenag, Segini Besarannya

Tidak terkecuali dalam zakat fitrah, karena secara umum baik zakat fitrah maupun zakat harta, terdapat dua syarat yang harus dipenuhi. Pertama, berniat di dalam hati (adapun melafalkannya dalam ucapan itu diajurkan untuk memantapkan niat). Kedua, memberikan zakat kepada orang yang berhak menerima zakat (mustahiq). Yaitu delapan golongan dalam Qs. at-Taubah [9]: 60. (Lihat: Zainuddin al-Malibari, Fathul Mu’in, hal. 245-248)

Berikut bacaan niat zakat fitrah lengkap, arab, latin dan terjemahannya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: