Iklan dempo dalam berita

Apakah Sholat Taubat Harus Tidur Terlebih Dahulu? Begini Penjelasannya serta Tata Cara Sholat Taubat

Apakah Sholat Taubat Harus Tidur Terlebih Dahulu? Begini Penjelasannya serta Tata Cara Sholat Taubat

Apakah Sholat Taubat Harus Tidur Terlebih Dahulu? Begini Penjelasannya serta Tata Cara Sholat Taubat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Apakah Sholat Taubat Harus tidur terlebih dahulu? begini penjelasannya serta tata caranya.

BACA JUGA:Ternyata Seperti Ini Gambaran Dosa Riba! Salah Satunya Setara seperti Berzina dengan Ibu Sendiri

Sholat taubat adalah sholat sunah bagi umat Islam yang ingin bertaubat dan membersihkan diri dari dosa. Mengenai waktu pelaksanaan sholat taubat, sering muncul pertanyaan apakah sholat taubat harus dilakukan setelah tidur terlebih dahulu.

BACA JUGA:Hati-hati! Berikut Ciri Orang Terkena Sihir, Simak Juga Bagaimana Cara Menangkal Sihir

Mengutip dari Panduan Sholat Rasulullah oleh Imam Abu Wafa, sholat taubat adalah ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana terdapat dalam sebuah hadits:

Diriwayatkan dari sahabat Abu Bakr as-Shiddiq RA, bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia membersihkan dirinya dengan baik dan kemudian berdiri untuk melaksanakan sholat dua rakaat, lalu ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya" (HR. Abu Dawud no.1521, Tirmidzi no.406, Ahmad no.2, dan Ibnu Majah no.1395).

BACA JUGA:Bolehkah Imam Wanita Mengeraskan Suara Saat Shalat Berjamaah? Simak Penjelasannya di Sini

Dikisahkan bahwa Rasulullah SAW melanjutkan dengan membaca surah Ali-Imran ayat 135:

"وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ"

Artinya: "Demikian (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, mereka (segera) mengingat Allah lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya.

Siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan apa yang mereka kerjakan (perbuatan dosa itu) sedangkan mereka mengetahuinya."

BACA JUGA:Sudah Ramai Bermunculan! Kenali Inilah 9 Ciri Wanita Akhir Zaman

Dengan demikian, sholat taubat dapat dilakukan setiap saat ketika seseorang ingin bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosanya. 

Berdasarkan penjelasan dari berbagai sumber, waktu pelaksanaan sholat taubat dapat dilakukan kapan saja, baik itu pagi, siang, ataupun malam, selama tidak pada waktu-waktu yang diharamkan atau terlarang. Sholat taubat juga dapat dilakukan setelah sholat fardhu maupun sholat sunah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: