Iklan dempo dalam berita

Ashabul A'raf, Tempat Ketiga di Akhirat Selain Surga dan Neraka, Lantas Siapa Penghuninya?

Ashabul A'raf, Tempat Ketiga di Akhirat Selain Surga dan Neraka, Lantas Siapa Penghuninya?

Ashabul A'raf, Tempat Ketiga di Akhirat Selain Surga dan Neraka, Lantas Siapa Penghuninya?--Foto: ist

A’raf dan Penghuninya

Banyak diketahui, bahwa di dunia terdapat kelompok Ashabul A'raf. Kelompok ini merupakan orang yang amal kebaikan dan keburukannya seimbang. 

Keberadaan kelompok inipun telah banyak dijelaskan dalam sejumlah riwayat, salah satunya dari Ibnu Katsir yang memaparkan beberapa diantaranya dalam kitab An Nihayah Fitan wa Ahwal Akhir Az Zaman (Mukhtashar Nihayah Al Bidayah) yang diterjemahkan Anshori Umar Sitanggal dan Imron Hasan.

BACA JUGA:Kisah Orang Terakhir yang Keluar dari Neraka lalu Masuk ke dalam Surga, Apakah Orang Beriman?

Lantas bagaimana nasib mereka di akhirat nanti?

Mereka kelak dibawa menuju sebuah sungai yang disebut Nahr Al Hayat dan juga disebut sebagai sungai kehidupan. Di sana banyak ditumbuhi tanaman waras yang wangi dan memiliki warna indah. Selain itu juga terdapat tanaman Za'fatan. Tepi sungai ini berupa batangan emas dengan bertahtakan intan.

Mereka di sana akan mandi, sampai kemudian munculah sebuah tanda putih pada leher mereka. Hal tersebut membuat mereka mandi lagi dan membuat tanda tersebut semakin putih. 

Lalu sebuah suara berkata kepada kelompok itu, "Berangan-anganlah kamu tentang apa pun yang kamu inginkan."

Kemudian muncul lagi sebuah suara yang berkata, "Kamu sekalian mendapat apa-apa yang kamu inginkan, ditambah 70 kali lipatnya."

BACA JUGA:Siapa Orang yang Keluar dari Neraka Pertama Kali lalu Masuk Surga? Rahasia Kasih Allah SWT

Nasib mereka di Akhirat, mereka tak akan masuk neraka dan juga tidak masuk surga. Kelompok ini terselamatkan oleh amal kebaikannya. Mereka terhindar dari panasnya api neraka. 

Tetapi, mereka juga tidak dapat masuk surga. Pintu surga tertutup dan terhalang oleh dosa-dosanya. Ini seperti yang diriwayatkan Al-'Ataby dari Shilah bin Zufar, dari Hudzaifah.

Bersandar pada Al-Qur'an surah Al A'raf ayat 46, Ihnu Abbas menjelaskan bahwa A'raf merupakan pagar di antara surga dan neraka. 

BACA JUGA:Ini Orang yang Pertama kali Keluar dari Neraka dan Masuk Surga

Itulah penjelasan mengenai Ashabul A'raf, tempat ketiga di akhirat selain surga dan neraka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: