Iklan dempo dalam berita

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Mata Elang yang Tiba-Tiba Datang Menghadang

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Mata Elang yang Tiba-Tiba Datang Menghadang

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Mata Elang yang Tiba-Tiba Datang Menghadang --

Hal tersebutlah yang membuat pihak lessor menggunakan jasa mata elang untuk mengurus para debitur yang gagal bayar untuk menarik kendaraan.

Dalam peraturan terbaru yaitu putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XVII/2019 tertanggal 6 Januari 2020, menyatakan bahwa perusahaan leasing atau pemberi kredit tidak dapat mengeksekusi objek jaminan fidusia atau agunan seperti kendaraan maupun rumah secara sepihak. 

BACA JUGA:Beda Mitra Beda Keuntungan, Begini Skema Fee Agen BNI 46, Arti Response Kode Error pada Mesin EDC BNI

Oleh sebab itu, penegak hukum tidak perlu pikir panjang untuk menindak para mata elang yang beraksi di tengah jalan mengambil paksa kendaraan debitur secara sepihak.

Putusan MK 18/PUU-XVII/2019 ini bersifat final dan mengikat. Dengan demikian, setiap perusahaan leasing atau kuasanya tak boleh bertindak melakukan aksi pengambilan paksa bagi debitur yang mengalami keterlambatan pembayaran cicilan.

Dalam putusan MK No.18/PUU-XVII/2019 diatur soal mekanisme eksekusi penarikan barang kreditur yang menjadi objek jaminan fidusia.

BACA JUGA:Nasabah Galbay Wajib Tahu, Ini Batas Waktu Diberikan DC Pinjol saat Menagih Utang dan 5 Tips agar Gak Diteror

Contohnya, kreditur terlebih dahulu mengajukan permohonan eksekusi kepada pengadilan negeri untuk bisa menarik objek jaminan fidusia. Namun, perusahaan leasing tetap boleh melakukan eksekusi tanpa melalui pengadilan dengan syarat pihak debitur mengakui adanya ingkar janji atau wanprestasi.

BACA JUGA:Sebaran Keberadaan DC Lapangan Pinjol dan 7 Tips Menghadapai DC Pinjol Agresif Tanpa Perlu Emosi 

Kewajiban debitur menyelesaikan piutangnya merupakan satu sisi yang tidak boleh dijadikan alasan melakukan teror disertai penggunaan kekerasan, ancaman, maupun penghinaan terhadap martabat debitur.

BACA JUGA:Apakah Maucash Ada DC Lapangan? Begini Cara Pinjam Rp 10 Juta untuk Kebutuhan Usaha Ramadhan

Demikianlah ulasan mengenai jangan panik! Begini cara menghadapi mata elang yang tiba-tiba dating.

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: