Iklan dempo dalam berita

5 Tips Atasi Mual Saat Perjalanan Mudik Lebaran, Kaum Wanita dan Anak Paling Rentan

5 Tips Atasi Mual Saat Perjalanan Mudik Lebaran, Kaum Wanita dan Anak Paling Rentan

5 Tips Atasi Mual Saat Perjalanan Mudik Lebaran, Kaum Wanita dan Anak Paling Rentan--Foto: ist

Perut yang terlalu penuh akan membuat risiko mual selama di perjalanan semakin besar. Ini dikarenakan makanan yang terlalu banyak akan membuat organ lain di dalam perut terdorong sehingga menimbulkan rasa mual.

Untuk itu, ada baiknya hindari makan berlebihan sebelum berangkat mudik. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang bercita rasa pedas, terlalu berminyak, atau memiliki bau menyengat.

Semua jenis makanan tersebut bisa memicu mual pada perut selama Anda melakukan perjalanan pulang kampung.

BACA JUGA:Hindari Macet! Begini Cara Cek CCTV Pelabuhan Merak untuk Mantau Arus Mudik Lebaran 2024

3. Hindari aktivitas membaca buku atau melihat gawai

Menghabiskan waktu di perjalanan dengan membaca atau melihat media sosial memang terdengar menyenangkan. Tapi bagi Anda yang sering mabuk perjalanan sebaiknya tidak melakukan kedua kegiatan tersebut saat mudik.

Membaca di perjalanan akan membuat mata, telinga, dan otak sulit mencerna informasi secara bersamaan. Inilah yang membuat otak kebingungan menentukan respons yang harus diterima tubuh sehingga kamu jadi merasa mual.

Anda bisa beralih pada audiobook, atau mengobrol dengan teman sebagai aktivitas membunuh waktu selama berada di dalam kendaraan.

4. Tidur dengan posisi yang nyaman

Rasa pusing yang muncul selama di dalam kendaraan bisa dikurangi dengan memejamkan mata sejenak. Selain membuat tubuh rileks, tidur juga membantu sensor keseimbangan pada tubuh mengirim sinyal yang benar pada otak.

Posisikan badan senyaman mungkin. Jika perlu bawa bantal leher agar perjalanan mudik semakin nyaman.

BACA JUGA:Wajib Diwaspadai saat Mudik Lebaran! Ini Cara Mengatasi Microsleep

5. Mengatasi mual saat mudik lebaran dengan essential oil bernuansa segar

Beberapa wewangian seperti essential oil beraroma jahe, atau lavender juga bisa membantu mengatasi mual saat mudik lebaran.

Mengutip Healthline aromatheraphy jenis peppermint sudah umum digunakan untuk mengatasi mual pada pasien yang dirawat di rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: