Iklan dempo dalam berita

Muslim Harus Pahami Ini, Ada 3 Syarat Wajib Tunaikan Zakat Fitrah

Muslim Harus Pahami Ini, Ada 3 Syarat Wajib Tunaikan Zakat Fitrah

Muslim Harus Pahami Ini, Ada 3 Syarat Wajib Tunaikan Zakat Fitrah --

3. Menjadi jalan menuju surga.

Selain pengampunan dosa, Allah pun juga memberi jaminan surga kepada orang-orang yang membayar zakat. 

Dalam surat An-Nisa ayat 162 pun dijelaskan: "Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang Itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar."

BACA JUGA:Bayar Zakat Fitrah dari Harta Haram Korupsi? Ini Hukum dan Penjelasan Lengkap Fatwa MUI

4. Dihapuskan kesalahannya.

Seorang yang membayarkan zakat fitrah pun akan dihapuskan kesalahan-kesalahannya seperti air yang memadamkan api. Selain itu, seorang muslim juga akan dibukakan pintu rezekinya setelah melakukan zakat fitrah.

5. Harta menjadi lebih berkah.

Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta." (HR. Muslim) Walaupun zakat fitrah berarti mengeluarkan sedikit dari seluruh harta yang dimiliki, ternyata zakat tidak akan mengurangi kekayaan seseorang. Dengan melakukan zakat, harta yang dimiliki pun menjadi lebih berkah dan dijauhkan dari bahaya.

BACA JUGA:Kapan Waktu yang Tepat untuk Membayar Zakat Fitrah? Ternyata, Bayar Zakat Fitrah Bisa via Online

6. Mendapatkan pahala dari Allah.

Setiap muslim yang melaksanakan amalan wajib, termasuk zakat fitrah akan mendapatkan pahala dari Allah.Dalam surat An Nuur ayat 37-38 dijelaskan: "(Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dariapa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas." (QS. An-Nuur: 37 - 38)

BACA JUGA:Siapa Golongan yang Wajib Menerima Zakat Fitrah? Simak Ini Ketentuan Menunaikannya

7. Berbagi kepada sesama muslim.

Zakat fitrah menjadi salah satu wujud kepedulian antar sesama umat muslim, khususnya bagi orang-orang yang kurang beruntung dan kesulitan mendapatkan kehidupan yang layak. 

Melalui zakat fitrah, umat muslim yang kurang mampu tetap dapat memenuhi kebutuhan pokok dan merayakan hari raya seperti orang-orang lainnya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Cukupilah kebutuhan (fakir miskin), agar mereka tidak meminta-minta pada hari seperti ini." (Sunan Daruqutni: 67)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: