Iklan dempo dalam berita

Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dibaca Rasulullah, Cermati Hal yang Dilarang Diucapkan Saat Ziarah

Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dibaca Rasulullah, Cermati Hal yang Dilarang Diucapkan Saat Ziarah

Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dibaca Rasulullah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Doa ziarah kubur singkat yang dibaca Rasulullah, cermati hal yang dilarang diucapakan saat ziarah. Ziarah kubur adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. 

BACA JUGA:Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua Saat Lebaran, Pahami Ini Sebelum Nyekar

Dengan berziarah kubur, tentu kita bukan hanya dapat mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia, namun juga kembali diingatkan akan kehidupan akhirat dan kematian.

Mengucapkan doa ziarah kubur singkat, maka kita berharap agar kedudukan mereka di sisi Allah SWT menjadi lebih baik dan mereka mendapatkan tempat yang layak di surga.

Sebenarnya, doa ziarah kubur ini banyak ragamnya sesuai dengan yang kita tuju. Misalnya seperti mendoakan kedua orang tua, adik atau kakak yang sudah meninggal dunia dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Asal Usul Ketupat Kandangan yang Berasal dari Kalimantan Selatan, Ternyata Memiliki Keunikan Tersendiri

Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dibaca Rasulullah

Nabi Muhammad SAW mengucapkan doa ziarah kubur, yakni:

السَّلَامُ علَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ المُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وإنَّا إنْ شَاءَ اللَّهُ بكُمْ لَلَاحِقُونَ

Assalaamu 'ala ahlid diyaari minal mu'miniina wal muslimiin wa yarhamullahu almustaqdimiina minna wal musta'khiriina wa innaa in syaa Allahu bikum lalahiquun

Artinya: "Salam atas penghuni pemukiman yang terdiri dari orang-orang Mukminin dan Muslimin. Semoga Allah merahmati orang-orang terdahulu dari kita dan orang-orang belakangan. Sungguh kami insya Allah benar-benar akan menyusul kamu." (HR Muslim)

BACA JUGA:Dijamin Tahan Lama! Begini Cara Simpan Ketupat Agar Tidak Cepat Basi

Dalam riwayat lain dari Buraidah bin Al-Hashib RA, ia berkata, "Apabila Rasulullah mendatangi pemakaman, maka beliau membaca:

السَّلَامُ عليْكم علَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ المُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وإنَّا إنْ شَاءَ اللَّهُ بكُمْ لَلَاحِقُونَ، أسألُ اللَّهَ لنا ولَكم العافيةَ

Assalaamu 'alaykum 'ala ahlid diyaari minal mu'miniina wal muslimiin wa innaa in syaa Allahu bikum lalahiquun wa asalu Allahu lanaa wa lakumul 'aafiyah

Artinya: 'Salam atas kamu wahai penghuni pemukiman yang terdiri dari kaum Mukminin dan kaum Muslimin, dan sungguh kami-Insya Allah-benar-benar akan menyusul kamu. Aku mohon kepada Allah untuk kami dan kamu afiat." (HR An-Nasa'i).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: