Iklan dempo dalam berita

Oh Ternyata Ini Asal Usul Ketupat hingga Menjadi Simbol dan Makanan Khas Lebaran

Oh Ternyata Ini Asal Usul Ketupat hingga Menjadi Simbol dan Makanan Khas Lebaran

Asal usul ketupat sampai menjadi hidangan lebaran--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Oh ternyata ini asal usul ketupat, hingga menjadi simbol dan makanan khas lebaran.

Setiap daerah di Indonesia, ketika lebaran tiba memiliki tradisi dan menu makanan khasnya masing-masing. Salah satunya adalah ketupat, sebuah menu andalan yang selalu tersaji saat Idulfitri di Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur), atau kadang-kadang dari daun palma yang lain. Ketupat juga bisa dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura.

BACA JUGA:Mengulik Adat Istiadat, Apasih Sebenarnya Filosofi Ketupat saat Hari Raya Lebaran?

Asal-usul ketupat Lebaran di Indonesia mengakar dalam tradisi Islam dan budaya lokal yang kaya.

Tradisi ini diyakini berasal dari hadits yang menyatakan bahwa siapa pun yang berpuasa Ramadhan dan melanjutkannya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, seperti telah berpuasa selama setahun penuh. 

Masyarakat Indonesia menyebutnya "kaffah" atau kafatan, yang berarti sempurna. Oleh karena itu, setelah puasa Syawal, terdapat perayaan ketupat yang menandakan kesempurnaan.

Menurut H.J. de Graaf dalam Malay Annals, ketupat menjadi simbol perayaan hari raya Islam pada masa pemerintahan Kerajaan Demak di abad ke-15. 

BACA JUGA:Makanan di Hari Lebaran! Ini Asal Usul Ketupat Palas, Ini Resep dan Cara Pembuatannya

Pada masa itu, bungkus ketupat terbuat dari janur, yang digunakan untuk menunjukkan identitas masyarakat pesisir yang banyak ditumbuhi pohon kelapa atau nyiur. 

Sunan Kalijaga, salah satu Wali Songo, menggunakan ketupat sebagai media dakwah untuk menyebarkan Islam, yang menjadikannya semakin populer di kalangan umat Islam.

Tradisi penyajian ketupat juga berkembang pada masa kerajaan Islam, terutama pada masa Kerajaan Demak dan Mataram Islam. Hal ini terlihat dari upacara-upacara selametan seperti sekaten atau grebeg mulud yang diselenggarakan di Keraton Yogyakarta, Surakarta, dan Cirebon. 

BACA JUGA:Asal Usul Ketupat Sotong, Makanan Khas Melayu yang Memiliki Filsafah Saling Memaafkan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ketupat adalah makanan yang terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa, berbentuk kantong segi empat, dan direbus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: