Iklan dempo dalam berita

Benarkah Petir akan Menyambar saat Bermain Handphone? Ini Jawabannya, Jangan-jangan Bukan Disebabkan Hp

Benarkah Petir akan Menyambar saat Bermain Handphone? Ini Jawabannya, Jangan-jangan Bukan Disebabkan Hp

Benarkah petir menyambar saat main handphone--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Seorang remaja putri di Kabupaten Kaur disambar petir para Rabu sore. Saat itu sedang turun hujan dan korban bermain handphone di depan rumah. Meski sempat pingsan, kondisi korban berangsur membaik dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Benarkah remaja tersebut disambar petir karena bermain handphone saat hujan petir? Selama ini banyak yang beranggapan jika bermain handphone saat hujan petir maka akan ikut tersambar petir. Namun faktanya tidak demikian.

BACA JUGA:Menjelang Sahur, Sejoli Digerebek Diduga Berbuat Tak Pantas di Pondok Kebun Sawit

Dikutip dari portal kominfo dijelaskan, para ahli dari National Weather Service mengatakan menggunakan smartphone ketika ada petir sama sekali tidak memiliki hubungan dan pengaruh. 

Spesialis keselamatan kilat National Weather Service, John Jensenius mengatakan petir tidak bisa menyambar melalui smartphone dan hanya bisa melalui kabel dan pagar saja. Dikutip dari  jurnal yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menjelaskan ada tiga faktor utama yang mempengaruhi lokasi tempat petir akan menyerang. 

BACA JUGA:Sejoli Digerebek Sempat Dikira Pencuri, Begini Ancaman Hukuman jika Digerebek sedang Begituan

Pertama, soal ketinggian. Kedua merujuk pada bentuk runcing. Ketiga soal isolasi yang menjadi faktor dominan sambaran petir. Sehingga hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi serta memastikan diri berlindung di tempat yang aman. 

Melansir dari National Weather Service pada Senin, 26 Desember 2022, disebut bahwa menggunakan ponsel ketika ada hujan mengakibatkan tersambar petir tidak ada hubungannya. 

BACA JUGA:Bea Balik Nama Kendaraan di 23 Provinsi Resmi Dihapus, Ini Daftar Provinsinya

Faktanya, ketika hujan deras banyak dari kita yang justru berteduh di dalam ruangan, di bawah gedung atau objek yang lebih tinggi. Nah, sementara petir lebih memilih objek yang tinggi untuk disambar.

Menurut spesialis keselamatan petir untuk Layanan Cuaca Nasional, John Jensenius,  hal pertama yang harus dipahami adalah tidak ada yang benar-benar menarik petir, tapi petir memang mengikuti kabel dan pagar dan hal-hal semacam itu.

BACA JUGA:Baru Beli Kendaraan? Ini Cara dan Syarat Balik Nama Kendaraan

"Jadi, jika Anda menggunakan ponsel, Anda tidak lebih mungkin tersambar petir daripada saat Anda tidak menggunakan ponsel itu," kata John.

"Kuncinya adalah, Anda ingin berada di tempat yang aman sehingga Anda tidak tersambar petir baik Anda membawa ponsel atau tidak. Tempat Anda berada yang lebih menjadi perhatian daripada yang lainnya. Jika Anda berada di dekat menara ponsel, itu buruk karena petir akan datang dan menghantam menara ponsel," kata Ahli Meteorologi Senior AccuWeather Dan Kottlowski.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: