Iklan dempo dalam berita

Kenapa Ada Puasa Syawal? Apakah Ada Kaitannya dengan Peristiwa Berikut?

Kenapa Ada Puasa Syawal? Apakah Ada Kaitannya dengan Peristiwa Berikut?

Puasa syawal setelah meraih kemenangan hari raya Idul Fitri--

2. Menyempurnakan Ibadah Puasa Wajib

Puasa sunnah di bulan Syawal memiliki keutamaan yang begitu mulia. Ketika menjalankan suatu ibadah seringkali manusia melakukan beberapa kesalahan atau kelalaian yang menyebabkan ketidaksempurnaan ibadah tersebut.

BACA JUGA:Ketupat Lebaran Ternyata Punya Banyak Jenis-jenisnya Loh! Apa saja? Berikut Ulasannya

Jika dalam shalat wajib ada shalat rawatib yang berfungsi untuk menyempurnakan ibadah, pada ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan terdapat ibadah yang juga dapat menyempurnakan kekurangan yang ada padanya yaitu ibadah puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal.

3. Tanda Diterimanya Amal

Sebuah kaidah dalam agama Islam yaitu ciri diterimanya amal adalah dengan menjalankan amalan berikutnya. 

Dengan demikian menjalankan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal adalah salah satu bentuk tanda diterimanya amalan-amalan seseorang di bulan Ramadhan.

“Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barang siapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barang siapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan.” (Latho-if Al Ma’arif, hal. 394.)

BACA JUGA:Katanya Ketupat Mulanya Tradisi Agama Hindu dan Budha, Lantas Apa Makna Ketupat dalam Agama Hindu?

4. Mendapat Ganjaran Pahala 10 kali Lipat

“Barang siapa berpuasa enam hari setelah Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal.)” (H.R Ibnu Majah)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa balasan orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan puasa 6 hari di bulan syawal sama dengan berpuasa selama satu tahun.

Dengan demikian besaran balasan dari amalan puasa 6 hari di bulan Syawal ini adalah 10 kali lipat. Puasa ramadhan selama 30 hari terhitung amalan puasa selama 300 hari, puasa Syawal selama 6 hari terhitung amalan puasa selama 60 hari.

5. Tercapainya Tujuan dari Ibadah Ramadhan

Bulan Ramadhan yang terletak satu bulan persis sebelum bulan Syawal merupakan bulan dengan penuh amalan-amalan kebaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: