Iklan RBTV Dalam Berita

Harta Karun Tersembunyi, Ini 6 Tambang Emas di Indonesia selain Freeport

Harta Karun Tersembunyi, Ini 6 Tambang Emas di Indonesia selain Freeport

Tambang emas di Indonesia selain Freeport--

BACA JUGA:Ternyata, Diam-diam Bengkulu Menyimpan Harta Karun, Segini Cadangan Emas di Bukit Sanggul Bengkulu

3. Tambang Emas Martabe di Sumatera Utara

Tambang Martabe terletak di Sumatera Utara. Operasionalnya mencakup penambangan dan pemrosesan bijih untuk menghasilkan konsentrat yang mengandung emas dan perak.

Luas wilayahnya mencakup 130.252 hektare atau 1.303 km persegi, yang meliputi Kabupaten Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Mandailing Natal. Luas wilayah operasional Tambang Emas Martabe di Kabupaten Tapanuli Selatan seluas 509 hektare per Januari 2022 lalu.

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012, dan memiliki basis sumber daya 6,5 juta ounce emas dan 64 juta ounce perak per 30 Juni 2022.

Kapasitas operasi lebih dari 7 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 200.000 ounce emas dan 1-2 juta ounce perak per tahun.

BACA JUGA:Harta Karun Ini Banyak Ditemukan, jika Dikelola Optimal, Penduduknya Bakal Kaya

4. Tambang Emas Sumbawa

Tambang ini berlokasi di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tambang ini juga menghasilkan konsentrat emas dan perak.

Sumbawa menyimpan kekayaan mineral tembaga dan emas di Tambang Batu Hijau. Tambang ini telah beroperasi sejak tahun 2000, dan telah berkontribusi secara signifikan terhadap pendapatan regional untuk Kabupaten Sumbawa Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Produk utama Tambang Batu Hijau adalah konsentrat tembaga, material yang sangat penting peranannya untuk menopang kehidupan dunia modern saat ini.

Mulai dari kabel listrik, komponen perangkat elektronik, hingga peralatan antibakteri di rumah sakit, seluruhnya menggunakan komponen tembaga yang cukup signifikan.

5. Kawasan Pujon di Kalimantan Tengah

Desa Pujon di Kalimantan Tengah menjadi salah satu lokasi penghasil emas di Indonesia. Kawasan ini memiliki potensi tambang emas yang menarik perhatian. Desa ini sering dijuluki Desa Emas karena memiliki banyak bijih emas.

BACA JUGA:Harta Karun Emas Ada di Seluma Bengkulu, Bagaimana jika Masyarakat Buka Tambang Tradisional?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: