Iklan dempo dalam berita

Segini Potensi Harta Karun Tersembunyi di Tambang Perak Dairi Sumatera Utara, Cek juga Daerah Penghasil Perak

Segini Potensi Harta Karun Tersembunyi di Tambang Perak Dairi Sumatera Utara, Cek juga Daerah Penghasil Perak

Tambang perak Dairi Sumatera Utara --ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Segini potensi harta karun tersembunyi di tambang perak Dairi Sumatera utara, cek juga daerah penghasil perak terbesar di Indonesia.

Tambang Dairi di Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu daerah penghasil perak terbesar di Indonesia. 

BACA JUGA:Hasil Tambang Emas di Indonesia per Tahun Berapa? Ini Jawabannya lengkap dengan Daftar Daerah Penghasil Emas

Berlokasi di Kabupaten Dairi, tambang ini memiliki kekayaan mineral yang memungkinkan produksi perak dalam jumlah besar. PT Dairi Prima Mineral (Dairi Prima) mengoperasikan tambang ini, dan mereka memegang izin Kontrak Karya (KK) dengan luas area mencapai 24.636 hektare. 

Meskipun lebih dikenal dengan produksi emasnya, tambang ini juga merupakan sumber harta karun berupa perak yang penting di Indonesia yang menghasilkan sekitar 762,4 ribu ons perak pada tahun 2022 lalu. 

Namun, meskipun menyimpan gumpalan harta karun yang berharga, perlu diperhatikan bahwa kondisi geologis dan lokasi di atas patahan gempa atau sesar aktif membuat tambang ini rawan dan berbahaya.

Kondisi ini rawan dan sangat berbahaya apalagi di sana sedang terbangun tanggul untuk kolam limbah tambang. Jika terjadi gempa, tanggul bisa jebol, kolam limbah hancur maka tak terbayang dampak yang akan menimpa manusia dan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam, adalah rumah bagi beberapa tambang perak terbesar dan paling produktif di dunia.

BACA JUGA:Daftar 8 Daerah Penghasil Tambang Emas di Indonesia, Bisa Hasilkan 48 Ton Emas per Tahun

Selain tambang perak Dairi Sumatera Utara, ada juga beberapa daerah yang menimpan harta karun tersembunyi yaitu penghasil perak terbesar di Indonesia, beberapa daerah tersebut yaitu:

1. Tambang Grasberg Block Cave, Provinsi Papua

Tambang Grasberg yang terletak di Papua adalah salah satu daerah penghasil perak terbesar di Indonesia. Dimiliki oleh Mining Industry Indonesia, tambang ini memproduksi sekitar 2,31 juta ons perak pada tahun 2022 lalu.

2. Tambang Deep Mill Level Zone, Provinsi Papua

Sebagai tambang lainnya yang berlokasi di Papua dan dimiliki oleh Mining Industry Indonesia, tambang ini menghasilkan sekitar 1,8 juta ons perak pada tahun 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: