Iklan dempo dalam berita

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini 

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini 

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini --Foto: ist

15. Nikel

Satu lagi jenis barang tambang yang juga sangat penting keberadaannya. Ialah nikel. Nikel juga seringkali kita degar apabila sedang menyimak pelajaran ilmu pengetahuan di sekolah, khususnya sebaga barang tambang yang dihasilkan di Indonesia. Nikel sebenarnya merupakan logam yang dalam penggunaannya banyak dicampurkan dengan besi agar menjadi tahan karat dan juga menjadi baja. Apabila nikel dicampur dengan tembaga, maka akan menciptakan sebuah kuningan dan juga perunggu. Nikel juga berperan dalam perekonomian Indonesia. Nikel juga merupakan salah satu bahan untuk membuat mata uang logam. Indonesia mempunyai daerah penghasil nikel yang sangat besar. Daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia adalah di Soroako daerah Sulawesi selatan dan juga di Pomala , Sulawesi tenggara.

16. Belerang

Belerang merupakan mineral yang dihasilkan oleh proses vulkanisme. Belerang ini banyak digunakan untuk industri pupuk, kertas, cat, plastik, dan lainnya. Persebaran belerang di Indonesia berkaitan dengan gunung- gunung api yang masih aktif, seperti di Dieng (Jawa Tenga), gunung Solok di Sumatera Barat, gunung Kerinci di Jambi, dan lain sebagainya.

17? Bauksit

Bauksit adalah jenis mineral alumunium hidroksida yang terjadi karena proses pelapukan dari batuan granit. Bausit mempunyai ciri sangat lunak, relatif ringan dan berwarna putih kekuningan. Bauksit sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan alumunium dan bahan dasar industri kimia. Tambang bauksit di Indonesia dapat kita temukan di Riau, Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.

Itulah 17 jenis harta karun yang ada di Indonesia.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: