Iklan dempo dalam berita

Daftar 7 Daerah Penghasil Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Daerah Mana saja?

Daftar 7 Daerah Penghasil Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Daerah Mana saja?

Daerah penghasil harta karun emas hitam--

Jenis batu bara keras yang memiliki kandungan karbon paling tinggi. Meskipun merupakan batu bara terbaik, penggunaannya cukup jarang karena jumlahnya yang terbatas dan biaya produksi yang tinggi.

Masing-masing jenis batu bara memiliki karakteristik dan kegunaannya sendiri, tetapi secara umum, batu bara merupakan sumber energi yang penting untuk pembangkit listrik dan berbagai industri.

BACA JUGA:Jenis Tanaman Ini Bisa Hasilkan Harta Karun Emas, Apakah di Indonesia Termasuk? Ini Faktanya

Dengan melihat ragam jenis dan kegunaan batu bara, dapat dipahami mengapa keberadaannya sangat vital dalam mendukung aktivitas manusia dan perkembangan industri.

Indonesia, sebagai negara dengan cadangan serta sumber daya batu bara yang cukup besar hingga saat ini, memiliki potensi yang signifikan dalam industri tambang. Cadangan batu bara di Indonesia masih mencapai sekitar 38,84 miliar ton pada tahun 2021.

Berbagai daerah di Indonesia menjadi pusat penghasil batu bara, antara lain:

1. Pulau Laut, Kalimantan Selatan

Pulau Laut Kabupaten Kotabaru, yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi salah satu daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia. 

BACA JUGA:Langkah Mudah Temukan Harta Karun, Ini Dia 5 Ciri Pasir Mengandung Emas, Begini Cara untuk Mengetahuinya

Wilayah Pulau Laut yang luas, sekitar 1.873 kilometer persegi, menjadi area tambang batu bara dengan kualitas terbaik.

Mayoritas hasil tambang batu bara dari Pulau Laut diekspor ke negara-negara seperti Jepang, Cina, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2013, Pulau Laut Kalimantan Selatan menghasilkan sekitar 160.000.000 ton batu bara.

2. Samarinda, Kalimantan Timur

Samarinda, yang terletak di Kalimantan Timur, juga merupakan daerah penghasil batu bara dengan kualitas terbaik. Tambang batu bara di sepanjang Sungai Berau di Samarinda telah ada sejak masa penjajahan Belanda. 

Meskipun Samarinda bukan daerah pertama yang menghasilkan batu bara di Kalimantan Timur, Batu Panggal merupakan salah satu daerah penghasil batu bara pertama di provinsi tersebut.

Pada tahun 2017, tambang batu bara di Samarinda mampu menghasilkan sekitar 82.000.000 ton batu bara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: